Cara & Syarat Membuat Npwp Lengkap dengan Panduannya

SYARAT MEMBUAT NPWP – Hallo teman-teman semua, sebagai penduduk atau warga Negara Republik Indonesia, pastinya kalian sudah memahami dong yah tentang NPWP? Apasih arti dari NPWP? Apasih kegunaan dari NPWP itu? Arti dari NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, yang mana NPWP ini ialah sebuah nomor yang nantinya akan diberikan kepada pihak pajak sebagai jalan ketika sedang membayar administrasi perpajakan.

Kegunaan atau fungsi dari NPWP ini ialah mempunyai kegunaan dan fungsi sebagai identitas wajib pajak atau sebagai tanda pengenal diri dalam melakukan hak-hak dan keharusan atau kewajiban dalam suatu urusan, yakni perpajakan.

NPWP ini sangat wajib sekali untuk dimiliki oleh setiap penduduk atau warga yang ada di Negara Indonesia, mau itu secara perorangan ataupun badan usaha. NPWP ini akan dijadikan sebagai sebuah persyaratan di seluruh pelayanan umum, misalkan seperti pembuatan paspor, pembuatan kartu ATM, pengajuan kartu kredit, dan masih banyak lain sebagainya.

Didalam artikel ini kami akan coba membahas dan menjelaskan tentang NPWP pribadi atau juga bisa disebut sebagai sebutan NPWP perorangan. Kartu NPWP pribadi bisa disebutkan sama seperti dengan KTP (kartu tanda penduduk) yang memang kartu itu harus wajib kita miliki atau dimiliki oleh setiap orang yang sudah memenuhi persyaratan tertentu.

Didalam persoalan ini bisa diartikan atau didefinisikan sebagai syarat-syarat Wajib Pajak.

Untuk Wajib Pajak yang tidak mendaftarkan dirinya demi mendapatkan NPWP maka akan dikenakan hukuman atau sanksi setara dengan ketentuan undang-undang perpajakan Republik Indonesia yang telah dibuat oleh pihak hukum atau pihak yang berwajib.

Apabila  kalian belum mempunyai atau memiliki NPWP, maka segeralah kalian untuk segera mengurus dan membuatnya. Oh iya ka mau tanya gimana cara membuat NPWP yang benar itu? Apa aja syarat membuat NPWP yang harus dipenuhi? Yuk, langsung saja kita simak beberpa penjelasan yang telah tertulis di artikel ini.

Jenis-Jenis NPWP

syarat membuat npwp
infoperbankan.com

Apabila semua atau seluruh syarat membuat NPWP ini telah terpenuhi dengan baik, proses atau metode pembuatannya hanya membutuhkan dan memakan waktu selama satu hari saja dan tidak perlu larut sampai berhari-hari.

Akan tetapi, jikalau syarat membuat NPWP ini belum terpenuhi dengan sempurna, maka proses pembuatan NPWP ini akan tertunda-tunda secara terus menerus. Persyaratan untuk membuat NPWP ini memang berbeda-beda, dan syarat membuat NPWP ini terdapat 3 jenis dan masing-masing jenisnya itu berbeda-beda.

  1. NPWP Wiraswasta, dan pengusaha atau pembisnis.
  2. NPWP Karyawan.
  3. NPWP yang sudah menikah.

Berikut dibawah inilah jenis-jenis dan persyaratan yang harus terpenuhi ketika hendak membuat NPWP.

Syarat Membuat NPWP Pribadi

syarat membuat npwp
wallung.blogspot.co.id

Syarat seseorang untuk Wajib Pajak ialah jikalau orang tersebut telah mempunyai penghasilan selama setahun ini sudah melibihi dari penghasilan yang tidak terkena pajak, intinya ialah penghasilan yang memang penghasilan itu sudah begitu besar dalam setahun.

Apakah persoalan ini berlaku untuk warga Negara Indonesia? Ya, persoalan ini memang berlaku untuk seluruh warga Negara Indonesia baik itu sudah menikah dan memiliki keluarga atau masih menjadi seorang yang single yang memang belum mempunyai keluarga diwajibkan untuk memiliki NPWP.

Akan tetapi untuk perempuan yang sebelumnya tidak melakukan sebuah perjanjian perpisahan harta dan pisah juga dalam persoalan penghasilan dengan suaminya maka tidak diwajibkan untuk mempunyai atau memiliki kartu NPWP.

Syarat Membuat NPWP Karyawan

syarat membuat npwp
teropongbisnis.com

Yang perlu kalian ketahui adalah NPWP ini berlaku untuk penduduk atau warga negara yang tinggal di Indonesia dan juga berlaku untuk warga negara asing yang mana mereka ini bekerja di Indonesia. Apa aja sih persyaratan yang harus terpenuhi untuk membuat NPWP karyawan ini?

Berikut dibawah ini ialah terdapat beberapa persyaratan yang memang harus terpenhui sebelum kalian mendaftarkan diri kalian untuk mendapatkan NPWP.

  1. Fotokopi KTP (kartu tanda penduduk) untuk penduduk asli Indoensia.
  2. Untuk warga negara asing, hanya cukup untuk membawa fotokopi paspor dan juga kartu izin untuk tinggal di negara Indonesia seperti KITAS atau KITAP.
  3. Fotokopi surat keterangan pekerjaan atau kerja dari sebuah perusahaan. Untuk pegawai negeri, kalian cukup sekedar membawa SK yaitu surat keputusan saja.
  4. Mengisi formulir untuk pendaftaran NPWP yang sebelumnya sudah disediakan atau disiapkan di kantor pajak.

Syarat Membuat NPWP untuk Pengusaha

syarat membuat npwp
cvnatagrahaip.co.id

Yang termasuk dalam kriteria pengusaha atau wiraswasta ini ialah mereka yang memiliki sebuah pekerjaan aau usaha yang bebas. Untuk kalian yang berprofesi sebagai pekerja dan memiliki keahlian tertentu dan sama dengan persyaratan yang ada didalam kategori ini.

Yang perlu kalian ingat, untuk membuat NPWP pengusaha, kalian harus datang dan mendaftar sendiri dan tidak boleh diwakili atau diwakilkan oleh orang lain. Syarat untuk membuat NPWP pengusaha ini ialah sebagai berikut. Yuk, langsung saja kita simak bareng-bareng mengani persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pengusaha:

  1. Wajib untuk membawa fotokopi KTP (kartu tanda penduduk).
  2. Wajib untuk membawa surat keterangan bisnis atau usaha yang biasanya disebut dengan sebutan SKU dari kantor kelurahan atau dari departemen yang ada kaitannya dengan bidang bisnis yang sedang kalian tekuni.
  3. Wajib untuk mengisi formulir pernyataan bisnis yang harus ditandatangani diatas materai 6.000.
  4. Wajib sekali untuk mengisi sebuah formulir pendaftaran NPWP yang ada dan telah disediakan di kantor pajak setempat.

Nah demikianlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pengusaha demi membuat NPWP.

Syarat Membuat NPWP untuk Perempuan yang Sudah Menikah

syarat membuat npwp
uaeexchange.com

Biasanya, pajak pengusaha atau pembisnis dan pajak karyawan ini telah termasuk juga kedalam pendaftaran administrasi pajak untuk semua orang yang memang orang tersebut sudah masuk menjadi tanggung jawabnya. Jadi, disini keberadaan perempuan dan anak-anaknya berada didalam tanggungan pajak seorang suami

Akan tetapi, ada kalanya  juga seorang istri memiliki usaha atau bisnis sendiri atau juga bekerja sehindiri sehingga menginginkan perhitungan pajak yang terpisah dengan suaminya. Biasanya untuk keperluan seperti ini bisa juga dibuatkan NPWP untuk perempuan yang sudah menikah.

Persyaratan atau syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk membuat NPWP perempuan atau wanita yang sudah menikah ini ialah sebagai berikut:

  • Harus dan wajib untuk membawa fotokopi NPWP suami.
  • Harus dan juga wajib untuk membawa KTP (kartu tanda penduduk) pribadi.
  • Harus dan juga wajib untuk membata fotokopi keluarga.
  • Harus dan juga diwajibkan untuk membawa surat keterangan kerja dari perusahaan. Untuk pegawai negeri, hanya dibutuhkan untuk membawa SK atau biasa disebut dengan surat keputusan.
  • Harus dan wajib untuk membawa fotokopi surat perjanjian terjadinya pemisahaan penghasilan dan harta antara suami dan isteri. Surat tersebut menyatakan bahwa kedua belah pihak menginginkan untuk pemisahan dalam pembayaran pajak.
  • Diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran NPWP yang memang telah disediakan oleh pihak kantor perpajakan.

Nah, demikianlah persyaratan-persyaratan membuat NPWP untuk wanita yang sudah menikah. Semoga bermanfaat.

Gimana untuk Penduduk yang Belum Memiliki Pekerjaan?

syarat membuat npwp
dagelan.co

Sebenarnya untuk mereka yang belum memiliki pekerjaan atau memang belum bekerja tidak diwajibkan untuk memiliki kartu NPWP. Persoalan ini diadakan karena kantor wajib pajak memang memiliki batasan minimal pendapatan yagn bisa dikenakan pajak oleh pemerintah setempat.

Persoalan ini dikenal dengan pendapatan tidak terkena pajak atau yang biasa disebut juga dengan PTKP. PTKP terakhir kali ditetapkan di angka Rp. 4.500.000,- perbulan atau juga perkiraan sekitar setahun ini pendapatannya bisa mencapai Rp/ 54.000.000,- pertahun.

Jadi untuk kalian yang memiliki pendapatan dibawah angka tersebt, kalian tidak diwajibkan untuk memiliki NPWP. Oh iya yang perlu kita ketahui ialah cara membuat NPWP ini dapat dilakukan secara online atau offline.

Cara Membuat NPWP Online

syarat membuat npwp
sahabatnesia.com

Untuk mempermudah dalam Wajib Pajak dalam pembuatan NPWP, ketua perpajakan sudah memberikan kemudahan untuk cara mendaftar atau pendaftaran melewati internet atau biasa yang dikenal sebagai e-Registration (E-REG DJP).

Gimana sih caranya untuk membuat NPWP secara online ini? Berikut dibawah ini akan ada penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus kalian lakukan ketika hendak membuat NPWP secara online:

1. Langkah awal, kalian harus mengunjungi situs Dirjen Pajak, yaitu www.pajak.go.id atau juga kalian dapat klik ereg.pajak.go.id/login untuk bisa langsung mengakses halaman awal untuk pendaftaran NPWP online di situs Dirjen Pajak. Ketika berada di laman Dirjen Pajak tersebut, maka langkah selanjutnya kalian memilih menu e-Registration.

2. Langkah kedua, silahkanlah kalian untuk mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akun untuk membuat NPWP secara online kalian bisa langsung klik “daftar”, kemudian isilah pengguna dengan benar, misalnya seperti nama, pasword, alamat, dan hal-hal lainnya.

 

Tinggalkan komentar