syarat perpanjang sim

Ingin Memperpanjang SIM? Berikut ini Syarat Perpanjang SIM Lengkap dengan Caranya

SYARAT PERPANJANG SIM – SIM (Surat Izin Mengemudi) ialah merupakan suatu hal yang sangat wajib dibawa ketika kita sedang menggunakan kendaraan bermotor atau menggunakan kendaraan bermobil, hal inilah yang saat ini kerap sekali dijadikan sebagai alesan mengapa begitu pentingnya untuk menandaskan bahwa SIM ini masih mempunyai masa aktiv dan berlaku untuk digunakan.

Adanya aturan-aturan dalam menggunakan kendaraan yang mana pada saat ini aturan dalam menggunakan kendaraan semakin ketat sekali sehingga bisa membuat kalian harus benar-benar waspada dan selalu teliti dalam memperhatikan hal tersebut.

Yang perlu kalian ingat ialah jangan sampe kalian terkena razia yang selalu beroperasi di jalan raya oleh para petugas kepolisian, karena permasalahan pada masa aktiv kartu SIM yang memang sudah terlewati dan tidak bisa digunakan lagi dalam keseharian ketika berkendara.

Ketika pada masa itu, melakukan perpanjangan masa aktiv SIM ini menjadi suatu pekerjaan yang memang sangat merampas waktu yang begitu banyak, dimana ketika itu seseorang yang hendak memperpanjang masa aktiv SIM ini harus pergi dan mendatangi awal tempat atau kota yang mana ia telah membuat SIM untuk pertama kalinya.

Hal seperti ini tentunya sangat merepotkan sekali, karena bisa saja orang yang ingin memperpanjang sim tersebut sedang merantau dan berkediaman sangat jauh sekali dari kampung halaman nya. Akan tetapi hal seperti itu untuk saat ini sudah tidak usah digunakan lagi.

Mengapa?

Karena untuk saat ini layanan perpanjangan kartu SIM ini dapat dilaksanakan lebih mudah lagi dan sangat praktis, yaitu dengan cara mamakai layanan SIM online dan juga menggunakan layanan SIM keliling.

Berikut ini adalah penjelasan tetang ketentuan layanan SIM keliling, yuk langsung saja kita simak bareng-bareng ulasan yang telah tertulis dibawah ini.

Layanan SIM Keliling

syarat perpanjang sim
sepulsa.id

Sebagaimana layanan ini bisa memudahkan kalian untuk melakukan yang namanya perpanjangan SIM di Lokasi-lokasi tertentu didaerah Ibu Kota Jakarta yang memang sudah ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan. Kalian semua tidak usah merasa cemas lagi karena ketika ingin melakukan perpanjangan SIM kalian tidak harus menggunakan waktu yang cukup banyak.

Di era seperti ini kalian hanya bisa menjumpai kantor Samsat dan melakukan perpanjangan SIM di sana, karena mobil-mobil yang memang di khususkan untuk melakukan perpanjangan kartu SIM ini dapat kalian jumpai di setiap titik-titik tertentu yang dekat dengan tempat anda.

Adanya hal seperti ini akan jauh lebih mudah dan praktis lagi dalam melakukan perpanjangan SIM kendaraan bermotor ataupun perpanjangan SIM kendaraan bermobil.

Namun yang perlu kalian ingat adalah layanan ini hanya berlaku dan menerima untuk perpanjangan kartu SIM saja, sebaliknya dengan pembuatan SIM baru tidak bisa dilakukan disini, dan tetap dilakukan di kantor samsat yang memang kantor samsat ini sudah ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Walaupun demikian, adanya layanan SIM keliling ini memang dipandang sangat membantu sekali untuk rekan-rekan yang ingin memperpanjang SIM nya tanpa harus pulang kampung terlebih dahulu, dan juga bisa menghemat waktu yang cukup banya, terutama untuk mereka yang memang keberadaan nya cukup jauh dari lokasi kantor samsat.

Ketentuan Khusus

Didalam pelayanan sim keliling tidak semuanya jenis SIM dapat diperpanjang sebagaimana yang dapat dilakukan di kantor samsat. Apakah diantara kalian sudah ada yang mengetahui tentang ketentuan-ketentuan khususnya? Jikalau belum maka berikut ini ialah ketentuan khusus perpanjangan SIM yang dapat dilaksanakan di layanan SIM keliling:

  • Perpanjangan SIM yang dapat dilakukan ini hanya sekedar pada SIM A (Mobil) dan SIM C (Motor), sebaliknya dengan jenis SIM lainnya misalkan seperti sim truk atau lain sebagainya harus diperpanjang secara langsung di kantor samsat yang terdekat di kota anda.
  • Metode perpanjangan di layanan SIM keliling ini dapat dilaksanakan sebelum masa tenggang SIM habis.
  • SIM yang dapat dikerjakan masa perpanjangan di layanan SIM kelilin ini ialah SIM yang mana masa aktif nya sudah habis dan maksimal atau batas waktunya selama 3 bulan saja (sudah termasuk terhitung dari tanggal masa berlakunya habis), sebaliknya untuk masa berlaku yang melibihi batas waktu yang telah ditentukan, maka perpanjangan kartu SIM tersebut harus dilakukan secara langsung di kantor samsat terdekat di kota anda.

 Prosedur-Prosedur yang Harus Dilakukan

Sebagaimana dengan metode atau proses perpanjangan SIM di kantor samsat, layanan SIM keliling ini menetapkan sebuah proses yang mana proses tersebut wajib dilewati oleh para peserta yang akan melaksanakan atau melakukan perpanjangan kartu SIM mereka.

Berikut dibawah ini cara melakukan perpoanjangan SIM dilayanan SIM keliling:

Cara Melakukan Perpanjangan SIM di Layanan SIM Keliling

syarat perpanjang sim
wartapacitan.com
  • Mendatangi mobil khusus pelayanan SIM keliling terdekat di kota anda. Hal ini dapat dilakukan sama dengan jadwal yang memang sudah ditetapkan oleh pihak mereka, mengapa demikian? Karena bisa saja bahwa layanan tersebut hanya bisa melayani pada hari-hari tertentu saja di lokasi yang bersamaan.
  • Dimohon untuk mengantri ketika ingin mendapatkan formulir permohonan untuk memperpanjang SIM
  • Dimohon untuk mengisi lembaran kertas formulir permohonan dengan data diri pribadi yang jelas dan lengkap, dan setelah itu jangan lupa juga untuk memberikan tanda tangan pada kolom yang telah dicantumkan di formulir permohonan tersebut.
  • Apabila semua kolom yang telah tersedia sudah terisi dengan baik dan benar, kemudian lengkapi formulir tersebut dengan memberikan data pendukung lainnya yang dibutuhkan, misalkan seperti SIM, fotocopi SIM, dan KTP.
  • Menunggu panggilan untuk melakukan metode selanjutnya. Lama waktu menunggu panggilannya itu tergantung pada jumlah peserta yang ingin memperpanjang kartu SIM mereka, apabila semakin banyak peserta yang mendaftar, maka semakin lama juga kita menunggu, begitu juga dengan sebaliknya apabila peserta yang mendaftarnya sedikit maka peluang nama kita untuk dipanggil nya pun bisa lebih cepat lagi.
  • Apabila sudah dipanggil oleh pengurusnya, maka akan dikerjakan penyamaan data diri pribadi dengan data pada formulir yang sudah diisi, kemudian pemindahan sidik jari serta tanda tangan.
  • Untuk proses selanjutnya adalah menunggu kartu SIM selesai diproses, dan semua proses bembuatan atau perpanjangan sim ini langsung didalam kendaraan layanan SIM keliling.

 

 

Tinggalkan komentar