Mau Perpanjang STNK? Bingung Caranya? Berikut Syarat Perpanjang STNK dan Caranya

SYARAT PERPANJANG STNK – Hallo Teman-teman semua, sudah lama nih baabun tidak upload artikel baru, nah kebetulan untuk kali ini dan seterusnya babuun akan sering-sering lagi update artikel-artikel yang bertema tentang berbagai macam informasi sehingga teman-teman semua bisa membaca dan juga bisa memberikan manfaat untuk orang-orang banyak.

Maka dari itu pada kesempatan kesekian kalinya saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana sih cara memperpanjang STNK motor? Dan apa saja SYARAT PERPANJANG STNK yang harus kita penuhi? Nah, apakah diantara teman-teman semua sudah ada yang mengetahui dari syarat-syarat untuk perpanjang STNK?

Tentunya ada dari sebagian teman-teman semua yang masih kebingungan tentang bagaimana cara memperpanjang STNK motor dan syarat-syarat untuk memperpanjang stnk motor agar bisa diproses oleh pihak yang berkaitan, yuk langsung saja kita simak ulasan dibawah ini yang membahas tentang Syarat Perpanjang STNK yang dilenkapi dengan cara perpanjangnya.

Hal yang Harus  Diketahui Oleh Pengguna Motor

syarat perpanjang stnk
grid.id

Teman-teman semua pasti kerap yang namanya berpergian kemana-mana atau pergi ke suatu daerah dengan menggunakan kendaraan, terutama menggunakan motor. Selain dari kamu menjaga kerapihan tampilan wujud motor kesayangan kamu, kamu juga harus tau yang namanya akan waktunya membayar pajak STNK motor kamu yang sering kamu gunakan itu.

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Jikalau teman-teman semua lupa akan membayar pajak STNK motor teman-teman atau teman-teman telat dalam membayar pajak, teman-teman juga harus bertanggung jawab dalam keteledoran teman-teman, yakni harus membayar biaya administrasi dan membayar biaya sangsinya.

Maka dari itu teman-teman semua jangan sampai ada yang lupa yah dalam memperpanjang STNK kendaraan ataupun pajak kendaraan teman-teman semua. Oh iyah, sebaiknya teman-teman semua harus mengetahui dan memahami tentang dua jenis pajak yang ada pada STNK yang kerap kalian semua bawa kemana-mana.

Kedua pajak didalam STNK yang harus kalian perhatikan ialah sebagai berikut:

  • PAJAK STNK DALAM STAHUN SEKALI, yakni sebuah pengakuan yang terdapat ditanda tangan dan dicap dari pihak kepolisian yang dilaksanakan ketika adanya transaksi pembayaran pajak kendaraan yang terterai pada sebuah kolom STNK yang mana letak kolom tersebut berada disebelah kanan.
  • PAJAK STNK 5 TAHUN, yakni seperti pergantian kertas STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang mana massa berlaku STNK tersebut sudah memasuki umur 5 tahun.

Nah bagi teman-teman yang memiliki kendaraan bermotor jangan lupa yah setahun sekali dan 5 tahun sekali buat ngurus-ngurus pajak dan perpanjangan STNK nya

Biaya Perpanjangan STNK

syarat perpanjang stnk
sepulsa.id

Oh iyah, untuk saat ini mengenai biaya administrasi perpanjangan STNK ada pembaruan yang mana pembaruan harga tersebut harus kamu ketehaui. Berdasarkan peraturan pemerintah setempat nomor 60 tahun 2016 mengenai jenis dan biaya yang telah diterima oleh penerimaan Negara bukan pajak.

Administrasi biaya untuk perpanjangan STNK mengalami pembaruan, yang mana pembaruan biaya administrasi perpanjangan STNK itu tidak terlalu mahal dan masih masuk dalam kategori yang normal. Naiknya biaya administrasi perpanjangan STNK ini dilaksanakan karena terdapat beberapa alesan-alesan, yang mana alesan tersebut ialah untuk meningkatkan sebuah sistem kinerja yang dilakukan.

Berikut inilah rincian harga perpajangan STNK yang harus teman-teman ketahui:

Pembaruaan Biaya Administrasi Perpanjgan STNK Roda Dua dan Tiga.

  • Mengenai biaya administaari untuk pembentukan atau pembuatanm baru dan perpanjangannya kisaran Rp. 100.000.
  • Untuk biaya administari publikasi TNKB (Tanda Nomor Kendaran Bermotor) atau sebutan yang dikenali oleh para pengguna motor lainnya ialah dengan sebutan plat nomor, dan biaya administrasinya sebesar Rp. 60.000.
  • Mengenai biaya Publikasi BPKB kendaraan, kurang lebih kalian semua harus mengeluarkan biaya administrasi sebesar Rp. 225.000.
  • Untuk publikasi surat mutasi atau biasa disebut dengan balik nama surat kendaraan bermotor ke luar wilayah atau daerah kalian semua para pengguna motor harus mengeluarkan biaya administrasi kurang lebih sebesar Rp. 150.000.

Biaya Administrasi Perpanjangan STNK untuk Roda Empat

  • Untuk biaya administrasi STNK baik itu pembentukan atau pembuatan ataujgua perpanjangan, kalian semua harus mengeluarkan biaya kurang lebih sebesar Rp. 200.000.
  • Untuk biaya administrasi publikasi atau penerbitan TNKB atau yang biasa dikenal sebagai sebutan plat nomor, kalian harus mengeluarkan atau menyiapkan uang kurang lebih sebesar Rp. 100.000.
  • Untuk biaya administrasi publikasi atau penerbitan BPKB, kalian harus menyiapkan uang sebesar Rp. 375.000 untuk biaya administrasinya.
  • Nah yang terakhir untuk publikasi atau penerbitan surat keterangan balik nama atau mutasi ke luar wilayah dan daerah kalian harus menyiapkan dan mengeluarkan uang sebesar Rp. 250.000 untuk biaya administrasinya.

Adanya peraturan baru dalam pembayaran pajak dan perpanjangan STNK, alangkah baiknya kalian semua harus menyisihkan uang leih supaya proses perpanjangannya tidak akan sulit dan akan lebih mudah lagi dalam melakukan perpanjangan.

Memperpanjang STNK dan pajak baik itu tahunan atau sekitar 5 tahunan teman-teman semua harus dan wajib untuk memperpanjang sesua dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Nah, dibawah ini akan ada pembahasan tentang syarat perpanjang stnk, yang mana pembahasan tersebut sangat bermanfaat sekali untuk kita yang memiliki kendaraan bermotor.

Syarat-Syarat Perpanjangan STNK

syarat perpanjang stnk
hendriksuwitra.files.wordpress.com

Nah inilah syarat syarat yang harus kita penuhi ketika ingin melakukan perpanjangan stnk atau pembayaran sebuah pajak kendaraan bermotor, ingat kalian semua harus bahkan wajib untuk membacanya sehingga setelah membaca dan mengetahui syarat-syarat tersebut kalian semua bisa lancar dalam proses perpanjangan.

Yuk, langsung saja kita cek dan perhatikan bersama-bersama tentang persyaratan yang harus kita penuhi agar mudah dalam proses pembayaran dan perpanjangannya:

Jikalau kalian semua ingin melakukan perpanjangan STNK, maka kalian semua harus menyiapkan yang sudah tertulis pada tulisan yang telah tertulis dibawah ini.

  • STNK asli beseta fotocopy nya.
  • Jangan lupa juga untuk menyiapkan fotocopy BPKB nya.
  • Yang terakhir kalian semua harus menyiapkan fotocopy KTP dan KTP asli sesuai dengan nama yang telah tertulis pada STNK dan BPKB.

Jikalau kalian memakai jasa calo maka kalian semua akan memerlukan yang namanya dokumen tambahan, misalkan seperti fotocopy KTP yang namanya sama seperti BPKB dan STNK kendaraan kalian. Apabila kalian ingin melakukan perpanjangan STNK pada setiap 5 tahun sekali, persyaratan yang harus kalian penuhi ialah:

  • Cek keadaan fisik kendaraan
  • Wajib membawa STNK asli dan fotocopy nya.
  • Wajib juga membawa KTP asli dan fotocopy nya yang mana nama tersebut tercantum pada tulisan yang ada didalam BPKB dan STNK.

Prosedur Perpanjang STNK

syarat perpanjang stnk
liputandua.blogspot.co.id

Sesudah selesai menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk dimulai prosesnya perpanjangan STNK, maka ketika itu kamu pergilah beranjak ke kantor samsat terdekat di kota kamu untuk melakukan proses perpanjangannya, nah dibawah ini prosedur-prosedur perpanjangan STNK yang akan kamu jumpai:

  • Setibanya kalian di kantor samsat, kalian akan menjumpai formulir untuk perpanjangan STNK yang ada pada loket penaftaran, setelah selesai mendapatkan kertas fomulir maka tugas kalia haru mengisi sesuai dengan ketentuan data yang telah tercantum pada BPKB dan STNK kendaraan kalian. Sesudah itu, lampirkanlah dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan untuk proses perpanjangannya.
  • Seletah selesai mengisi formulir, maka langkah selanjutnya ialah menyerahkan dokumen permohonan perpanjangan STNK ke loket penyerahan berkas-berkas, dan tunggulah sampai nama kalian dipanggil untuk maju kedepan.
  • Kemudian kalian akan mendapatkan kertas slip pembayaran pajak dan kalian dapat melihat berapa besar biaya atau uang yang harus kalian keluarkan untuk menyelesaikan biaya administrasi tersebut.
  • Lalu berjalan dan pergilah ke sebuah kasir untuk melakukan transaksi pembayaran, sesudah selesai membayar pajak STNK, kalian akan diberi kertas sebagai tanda bukti bahwa kalian telah usai menyelesaikan perpanjangan STNK. Kemudian langkah selanjutnya bawalah kertas bukti tersebut kepada loket pengambilan STNK untuk mengambil STNK kalian.
  • Setelah selesai melakukan proses-proses yang telah dilalui, maka kamu akan dipanggil dan STNK baru sudah selesai diperpanjang dalam jangka waktu satu tahun. Namun jikalau kalain ingin memperpanjang STNK 5 tahun, sesudah selesai proses-proses pembayaran pajak STNK kamu dapat membawa kertas bukti pelunasan atau penyelesaian pajak ke loket pengambilan TNKP untuk bisa mendapatkan plat nomor baru yang akan dipasangkan pada kendaraan kalian.

______________________________

Nah, demikianlah artikel yang membahas tentang syarat perpanjang stnk yang dilengkapi dengan cara dan prosedurnya, mudah-mudahan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ke website saya, jangan lupa di share juga yah 🙂

Tinggalkan komentar