taman nasional gunung gede pangrango

Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango [Lengkap dengan Pemandangan Indah]

TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO – Merupakan salah satu tempat wisata alam yang bisa anda nikmati keindahan alamnya di kawasan wisata Cibodas. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango inilah yang menjadi sumber-sumber keindahan bagi alam sekitar termasuk wisata alam lainnya seperti Kebun Raya Cibodas dan Bumi perkemahan mandala wangi.

Taman Nasional Gunung Pangrango ini memiliki ukuran tanah yang sangat luas, bahkan luas dari tanah tersebut bisa mencapai 21.975 hektare, Dan kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini tutupi oleh hutan tropis sehingga memiliki peranan penting dalam sejarah konversasi di Negara Indonesia.

Pendakian Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
bluetripper.com

Jalur pendakian gunung gede pangrango via Selabintana Sukabumi merupakan salah satu jalur yang jarang digunakan oleh para pendaki-pendaki yang berniat untuk mendaki ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Karena keadaan medan pendakian gunung gede pangrango via Selabintana Sukabumi ini lumayan cukup terjal, becek, dan banyak binatang pacet yang suka menghisap darah pada tubuh manusia seperti lintah dengan ukuran tubuh yang kecil, maka dari itu jalur pendakian via Selabintana Sukabumi ini jarang sekali dilewati oleh para pendaki-pendaki, terkecuali bagi para pendaki yang sedang mencari tantangan.

Daerah Selabintana Kota Sukabumi ini merupakan sa;ah satu tempat wisata yang berada didaerah Kota Sukabumi, sehinnga di Selabintana ini kalian bisa menemukan banyak penginapan jadi apabila sesudah atau sebelum berangkat menuju pendakian gunung gede pangrango ini kalian bisa ber istirahat sejenak di penginapan tersebut.

Untuk mengenai persiapan perbekalan makanan/logistik, sebaiknya kalian harus berbelanja dulu di kota sukabumi agar tidak terlalu mengeluarkan biaya yang cukup mahal, karena apabila kalian berbelanja perbekalan dikalangan tempat wisata, maka si pedagang tersebut akan memahalkan barang dagangannya.

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

taman nasional gunung gede pangrango
bluetripper.com

Jalur pendakian gunung gede pangrango ini memiliki tiga bagian, yaitu jalur pendakian via Gunung Putri, jalur pendakian via Selabintana Sukabumi, jalur pendakian via Cibodas Cianjur. Ketiga jalur pendakian gunung gede pangrango ini akan saya jelaskan pada tulisan dibawah ini.

Selain memerlukan informasi-informasi tentang jalur pendakian Gunung Gede Pangrango, kalian semua para pendaki ingin sekali yang namanya mengetahui informasi-informasi tentang gunung didaerah Jawa Barat ini.

Maka dari itu, sebelum saya memulai pembasahan tentang jalur pendakian Gunung Gede Pangrango, saya akan menceritakan secara singkat tentang Gunung Gede Pangrango, ada baiknya kita simak ulasan berikut dibawah ini.

Cerita Gunung Gede Pangrango

taman nasional gunung gede pangrango
bogordaily.net

Adanya Gunung Gede Pangrango ini telah dikenal oleh orang-orang sejak lama bahkan sampai berabad-abad. Tulisan penyair di abad ke 13 mengatakan bahwa Puncak Gunung Gede ini sebagai “hulu wano na Pakuan” yang mana arti dari hulu wano na Pakuan ini adalah tempat tertinggi di daerah Pakuan.

Berdasarkan dari catatan modern, orang pertama yang telah mendaki Gunung Gede Pangrango ini adalah Reinwardt yang mana Reinwardt ini adalah seorang direktur utama dan pendiri tempat wisata Kebun Raya Bogor.

Reinwardt mendaki Gunung Gede Pangrango ini pada sekitar tahun 1819.

Keberadaan letak Gunung Gede Pangrango ini terdapat di tiga Kabupaten didaerah Jawa Barat, yaitu di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Gunung Gede Pangrango ini masuk kepada lingkungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini merupakan salah satu taman nasional yang tertua di Negara Indonesia, Taman Nasional Gunung Gede Pangrangi ini diresmikan pada tahun 1980. Tujuan dari mendirikan Taman Nasional Gunung Gede Pangarango ini untuk melindungi ekosistem-ekosistem tumbuhan dan flora pada pegunungan di daerah Jawa Barat.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini memiliki dua puncak gunung, yaitu Puncak Gunung Gede dan Puncak Gunung Pangrango dengan luas lahan kurang lebih sekitar 21.975 hektare.

Sebenernya Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini adalah gunung yang berbeda bukan gunung yang sama, namun lokasi keberadaan Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini saling berdekatan maka dari itu kebanyakan orang-orang menyebut gunung ini dengan sebutan Gunung Gede Pangrang.

Bagi para pendaki dan pencinta alam pasti akan mengenali sebuah puisi dari Soe Hok Gie yang mana puisi itu berbunyi “Kabut tipis pun turun pelan-pelan di lembah kasih, lembah Mandalawangi”.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah menjadi tempat favorit dan tempat yang paling tua untuk dijadikan kegiatan penelitian mengenai alam di Negara Indonesia. Jalur pendakian menuju Gunung Gede Pangrango yang paling terkenal dan kerap di pakai oleh para pendaki-pendaki lainnya yaitu jalur Selabintana, jalur pendakian Cibodas, dan yang terakhir jalur pendakian Gunung Putri.

Jalur Pendakian Gunung Gede via Cibodas

taman nasional gunung gede pangrango
yukpiknik.com

Awal mula perjalanan meninggalkan bas camp, kalian akan melewati jalur yang berbatu dan akan melewati hutan tropis. Jarak tempuh perjalanan kurang lebih sekitar 1,5 Km dari bas-camp, kalian akan menjumpai rawa yang mana rawa itu diberi nama dengan nama telaga biru.

Sebelum tiba di pos Panyangkalan kuda, kalian para pendaki akan melintasi jembatan kayu dengan jarak 1 Km. Ketika kalian sedang berjalanan di jembatan kayu ini, kalian semua harus lebih dalam berhati-hati lagi untuk menjaga dari kejadian yang tidak di inginkan.

Lokasi pos Panyangkalan kuda ini berada di ketinggian sekitar 1.628 meter diatas permukaan laut (MDPL).

Di pos Panyangkalan kuda ini kalian akan menjumpai bangunan yang beratap, dan bangunan tersebut bisa kalian manfaatkan untuk dijadikan sebagai tempat peristirahatan kalian bersama teman-teman pendaki lainnya sambil mengumpulkan kembali tenaga-tenaga yang telah terbuang.

Di tempat ini kalian akan mendapati pertigaan jalur, jalur kanan itu menunjukan kepada Curug Cibereum/air terjun cibereum, sedangkan jalur yang lurus ini menunjukan ke arah Puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Ketinggian air terjun Cibereum ini sekitar 1675 MDPL, dan bisa datangi dalam waktu 30 menit.

Jalur Pendakian Gunung Gede via Gunung Putri

taman nasional gunung gede pangrango
arifriyanto.com

Jalur pendakian via Gunung Putri merupakan salah satu jalur pendakian yang dapat dipakai untuk mencapai puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango.

Keindahan-keindahan pada dua gunung sudah tidak usah untuk diragukan lagi, sebut saja alun-alun Surya Kencana di Gunung gede, dan Lembah Mandalawangi di Puncak Gunung Pangrango.

Apabila kalian sudah mendapatkan simaksi, kalian harus menukarnya di bas camp pendakian Cibodasa, apabila simaksi itu sudah selesai di tukar maka kalian langsung menuju kepada bas camp pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri.

Bas camp pendakian jalur Gunung Putri lokasinya tidak jauh dari lokasi bas camp pendakian Cibodas. Lokasi bas camp pendakian Gunung Putri ini letaknya berada diantara pasar Cipanas dan Istana Cipanas.

Pendakian Gunung Gede Pangrangi via jalur pendakian Gunung Putri memang sangat terkenal dengan track yang menanjak dan terjal, tetapi jarak waktu tempuh nya dapat lebih cepat lagi dibandingkan melewati jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas.

Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri ini selain dapat lebih cepat, mendaki melalui jalur Gunung Putri ini dapat langsung tiba di Alun-Alun Surya Kencana.

Ketika sedang di perjalanan menuju Gunung Gede Pangrango melewati jalur pendakian via Gunung Putri, kalian akan menjumpai gubuk-gubuk yang dapat digunakan untuk beristirahat. Sesudah melakukan perjalanan lebih dari 45 menit, kalian akan sampai di pos yang namanya Legok Leunca.

Untuk menuju ke Alun-Alun Surya Kencana via jalur pendakian Gunung Putri ini sepanjang perjalanan akan terus menanjak, jika kalian mendaki ketika sedang musim hujan sudah sangat bisa dipastikan bahwa kalian akan melewati jalan yang becek dan sangat licin.

Jika kalian sudah sampai di selter 5, maka jarak tempuh menuju Alun-Alun Surya Kencana tidak akan lama lagi, dan lokasi selter 5 sudah berada di lokasi yang lumayan cukup dekat dengan Alun-Alun Surya Kencana.

Apabila sudah melakukan perjalanan kurang lebih selama 6 jam perjalanan dari bas camp Gunung Putri, kalian akan sampai di tempat yang sangat indah dengan di lengkapi oleh tanaman bunga edelweis yang bermekaran, yaitu Alun-Alun Surya Kencana.

Apabila kalian mendaki Gunung Gede melewati jalur pendakian Gunung Putri, maka kalian semua akan lebih tiba duluan di Alun-Alun Surya Kencana bagian Timur. Sedangkan Alun-Alun Surya Kencana bagian Barat akan lebih dulu di gapai jika melakukan pendakian lewat jalur Selabintana.

Apabila kalian melakukan pendakian via jalur pendakian Cibodas, maka kalian akan terlebih dahulu mencapai puncak Gunung Gede. Kalian dapat berkemah di area Alun-Alun Surya Kencana, sebaiknya kalian manfaatkan sedikit waktu luang untuk beristirahat, karena proses perjalanan menuju Puncak Gede ini masih lumayan cukup menguras energi.

Kondisi pendakian dari Alun-Alun Surya Kencana untuk menuju ke puncak Gede ini track nya dalam sepanjang perjalanan terus menanjak, untuk menuju ke puncak Gede dari Alun-Alun Surya Kencana ini memakan waktu kurang lebih sekitar 45 menit perjalanan.

Apabila cuaca mendukung/bagus, ketika kalian sudah tiba di puncak Gede kalian bisa melihat keindahan-keindahan gunung Pangrango dari atas puncak Gunung Gede.

Jalur Pendakian Gunung Gede via Selabintana

taman nasional gunung gede pangrango
pendaki.info

Jalur pendakian Gunung Gede via Selabintana ini jarang sekali di pakai, karena jalur pendakian via Selabintana ini termasuk salah satu pendakian Gunung Gede Pangrango yang paling berat medan perjalanannya.

Bahkan para pendaki-pendaki yang sudah biasa mendaki gunung pun akan merasa enggan untuk melewati jalur pendakian Selabintana ini. Tetapi, bukan berarti jalur selabintana ini tidak dapat dilewati karena medan penadikannya yang lumayan cukup berat.

Apabila kalian memiliki nyali yang sangat tinggi dan memiliki jiwa untuk petualang sejati, silahkan dicoba untuk mendaki Gunung Gede Pangrango melalui jalur pendakian Selabintana, sebenarnya jalur pendakian Selabintana ini tidak jauh beda, yang membedakan jalur pendakian ini adalah setiap perjalanan tidak ada anak tangga untuk dijadikan pijakan kaki seperti jalur Cibodas.

Terus mengapa jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana ini kerap disebut-sebut oleh para pendaki lainnya sebagai jalur yang terberat?

Sebenarnya jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana ini tidak berat, namun adanya beberapa alasan-alasan seperti jalur pendakiannya lebat oleh hutan, banyak lintah, susah untuk mendapatkan air.

Bukan hanya itu saja, kalian yang mendaki Gunung Gede Pangrango dengan menggunakan jalur pendakian Selabintana ketika selama perjalanan kalian tidak akan menemukan atau menjumpai yang namanya pos atau saung untuk tempat peristirahatan di jalur pendakian Selabintana.

Ketika kalian mendaki Gunung Gede Pangrango melalui jalur pendakian Selabintana, kalian akan lebih tiba dulu di Alun-Alun Surya Kencana bagian Barat.

Keindahan Gunung Gede Pangrango

taman nasional gunung gede pangrango
ezytravel.co.id

Gunung Gede Pangrango ini selain mempunyai ketinggian yang lumayan cukup tinggi, kedua gunung ini memiliki pemandangan-pemandangan yang sangat indah untuk di pandang oleh kedua mata kita, bagi kalian yang pernah mendaki ke Gunung Gede Pangrango ini pasti mengetahui keindahan-keindahan pemandangan yang di sediakan di area gunung ini.

Ketika kalian berada di puncak Gede, kalian bisa melihat keindahan-keindahan alam yang telah di berikan oleh sang pencipta, begitu juga kalian bisa melihat keindahan Gunung Pangrango.

Ketika kalian sedang berada di kawasan Gunung Gede, kalian bisa menikmati luasnya Alun-Alun Surya Kencana yang di lengkapi oleh tanaman-tanaman bunga abadi, yaitu bunga Edelweis yang tidak akan pernah layu.

Begitu pun sebaliknya, jika kalian sedang berada di atas puncak Gunung Pangrango, maka kalian bisa melihat keindahan-keindahan alam dari atas puncak Pangrango, selain itu kalian juga bisa melihat keindahan kawah Gunung Gede dari atas puncak Pangrango.

Gunung Pangrango juga memiliki suatu lembah yang sangat indah, dan lembah tersebut tak kalah indahnya dengan keindahan Alun-Alun Surya Kencana, yaitu lembah Mandalawangi yang di hias oleh tanaman-tanaman bunga Edelweis yang sedang bermekaran.

Nah bagi kalian yang penasaran akan keindahan alam yang di sediakan oleh Gunung Gede dan Gunung Pangrango, silahkan langsung saja mencoba untuk mendaki kedua gunung ini dan dijamin ketika kalian sudah mendaki kedua gunung ini, kalian akan merasa ketagihan dengan keindahan-keindahan alamnya.

Mungkin hanya sekian tulisan mengenai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang mudah-mudahan adanya tulisan ini bisa dijadikan referensi untuk kalian yang belum pernah melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango ini.

Tinggalkan komentar