Tanda tanda kiamat kubra

Ini dia 8+Tanda Tanda Kiamat Kubra yang Perlu Kamu Ketahui

Tanda Tanda Kiamat Kubra-Kita sebagai umat yang ber-Agama Islam harus meyakini adanya hari akhir (Hari Kiamat). Iman terhadap hari akhir ini sudah termasuk melengkapi salah satu rukun-rukun iman yang kelima, dan rukun iman yang kelima ini merupakan salah satu bagian dari rukun iman yang lainnya.

Didalam Agama Islam mempunyai 6 rukun iman yang wajib kita yakini, yang pertama iman kepada sang pencipta Allah SWT, yang kedua iman kepada para Malaikat Alaihissalam, yang ketiga iman kepada Rasul-Rasul Allah, yang keempat iman kepada kitab-kitab Allah SWT, yang kelima iman kepada hari akhir/hari kiamat, dan yang keenam iman kepada qoda dan qadar.

Yaumul akhir, atau biasa disebut dengan hari kiamat, atau yang dikenal sebagai julukan hari akhir adalah dimana hari akhir ini tiba, maka seluruh manusia akan dibangunkan dari kubur, dan dihisab/ditimbang segala amal perbuatannya selama hidup didalam dunia.

Percaya kepada hari kiamat merupakan salah satu tanda-tanda seorang yang ber-Agama Islam yang baik. Walaupun begitu, Kiamat ini dibagi menjadi tiga bagian, bagian yang pertama adalah kiamat kecil (Kiamat Sughra), bagian yang kedua adalah kiamat sedang (Kiamat Wustha), dan yang terakhir adalah kiamat besar (Kiamat Kubra).

Yang dimaksud dari kata-kata kiamat sughra dan kiamat wustha ini adalah terjadinya kejadian-kejadian seperti manusia yang meninggal dunia, dan terjadinya peristiwa bencana alam seperti banjir, sunami, gempa bumi, dan bencana-bencana lainnya yang dapat mengakibatkan mematikan banyak jiwa.

Sebaliknya dengan kiamat besar (Kubra). Kiamat kubra ini adalah kiamat yang sebenarnya, yang mana pada hari kiamat kubra ini sang pencipta langit dan bumi beserta isinya akan menghancurkan bumi, dan melenyapkan seluruh kehidupan-kehidupan didalamnya.

Tidak akan ada seorang pun yang mengetahui soal kapan terjadinya kiamat kecil, kiamat sedang, dan kiamat besar. Yang mengetahui akan terjadinya hari kiamat hanya Allah SWT saja yang mengetahui nya.

Berikut dibawah ini akan ada pembahasan tentang tanda tanda kiamat kubra, yuk langsung saja kita simak infmormasi tersebut:

Tanda Tanda Kiamat

Tanda tanda kiamat kubra
tribunnews.com

Kimat kubra yang telah disebutkal oleh bagina Rasulullah SAW, tidak akan terjadi sebelum munculnya tanda-tanda kiamat yang besar.

Didalam kiamat pun ada tanda-tanda kimat kecil, atau tanda-tanda akhir zaman yaitu diutusnya Nabi Muhammad SAW untuk menyebarkan Agama Islam, meninggalnya Nabi Muhammad SAW, banyaknya yang berbuat maksiat, zina, meminum minuman keras, riba, dan masih banyak tanda-tanda lainnya.

Sebagaimana yang telah di terangkan pada artikel sebelumnya (Baca Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al-Qur’an).

Tanda-Tanda Kiamat Besar Akan Terjadi

Tanda tanda kiamat kubra
kabarmakkah.com

Sebelum kiamat kubra terjadi, makan akan ada tanda-tanda perisitiwa yang akan terjadi, yang mana peristiwa-peristiwa ini belum pernah terjadi pada sebelumnya.

Dari seorang sahabat r.a (Radiullahu anhu) yang bernama Hudzaifah bin Asid R.A bahwa sebenernya Nabi Muhammad SAW bersabda.

“Sesungguhnya kiamat tidak akan pernah terjadi hingga munculnya 10 tanda-tanda seperti penenggelaman yang terjadi di sebelah barat, penenggelaman yang terjadi di sebelah timur, dan penenggelaman yang terjadi di jazirah Arab, binatang bumi, munculnya dajjal, asap tebal, munculnya ya;juj dan ma’juj, terbitnya matahari di sebelah barat, keluarnya isa bin maryam, dan yang ke sepuluh keluarnya api dari jurang adn yang menggiring manusia (Hadits Riwayat Muslim).

1. Keluarnya Dajjal dari Perut Bumi

Tanda tanda kiamat kubra
news.com.au

Tanda-tana kiamat yang pertama ini adalah munculnya seorang dajjal, dari seluruh kejadian-kejadian/peristiwa yang terjadi mulai dari kenabian Nabi Adam A.S sampai Hari akhir (Kiamat) tidak ada kejadian yang lebih besar dari munculnnya seorang dajjal.

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh seorang sahabat yang bernama Imran bin Husain R.A bercakap, Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Diantara kejadian Nabi Adam sampai Kiamat, tidak ada suatu kejadian yang lebih besar dari pada dajjal (Hadits Riwayat Muslim).

Sesosok dajjal ini adalah seorang pria dari anak cucu Nabi Adam Alaihi Salam. Dia (Dajjal) akan muncul pada akhir zaman dan mengaku-ngaku mempunyai sifat rububiyah. Dajjal akan keluar dari arah sebelah timur Khurasan.

Lalu dajjal akan berjalan didalam bumi, maka dari itu dajjal tidak akan meninggalkan satu negeri kecuali, seperti Masjidil Aqsha, Makkah, Tursina, dan Madinah, seorang dajjal ini tidak dapat memasukinya. Mengapa? Karena para malaikat-malaikat Allah menjaganya. Turun pada danau Asin, maka kota madinah pun bergetar sebanyak tiga kali, keluar darinya setiap orang munafik dan kafir.

Fitnah-fitnah dajjal

Munculnya dajjal ini adalah merupakan fitnah yang sangat besar, Mengapa? Karena, apa yang telah diciptakan oleh Allah SWT bersamanya berbentuk persoalan-persoalan diluar kebiasan yang besar, yang mana seorang dajjal ini dapat membingungkan otak manusia.

Telah disebutkan didalam Hadits shahih, bahwa jika bersamanbya akan ada surga dan neraka. Neraka bagi dajjal adalah surga bagi manusia yang mukmin, dan surganya dajjal adalah neraka bagi orang-orang kafir dan munafik. Ngerti kan apa yang dimaksud dengan neraka dajjal dan surga dajjal?

Dan sebenernya jika jadi pengikut dajjal akan ada gunung roti, sungai air. Dia akan menyuruh langit-langit agar menurunkan hujan, maka akan turunlah hujan dari langit. Dajjal pun akan memerintahkan bumi untuk menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, maka akan tumbuh nya tumbuh-tumbuhan.

Dajjal ini akan melewati bumi dengan kecepatan yang begitu cepat, seperti rintikan hujan yang dibawa angin.

Dajjal akan tinggal di bumi selama empat puluh hari lamanya. Satu hari didunia ini seperti setahun lamanya, satu harinya seperti satu bulan lamanya, satu harinya seperti satu minggu lamanya, dan semua hari-harinya seperti dengan hari-hari kita.

Dajjal ini akan mati di tangan Isa bin Maryam ‘Alaihi salam, pada pinggir pintu ludd di Negara Palestina.

Sifat-Sifat Dajjal

Nabi Muhammad SAW telah memperingatkan kepada kaumnya dari mengikuti dajjal atau akan membenarkannya. Nabi Muhammad SAW menjelaskan kepada umatnya beberapa sifat-sifat yang dimiliki oleh dajjal, supaya kita (Sebagai Umat Akhir Zaman) bisa lebih berhati-hati darinya.

Dajjal ini adalah seorang lelalaki yang masih muda, kulit dajjal ini berwarna merah, sebelah matanya mengalami kebutaan, tidak mempunyai seorang anak, dan tertulis pada jidatnya dengan tulisan “Kafir” (KHA FA RA) yang dapat melihat dan membaca tulisan tersebut hanya orang-orang muslim saja.

Dari seorang sahabat yang bernama ‘Ubadah bin ash Shamit R.A, dia berkata, Bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW telah bersabda demikian:

“Sesungguhnya dajjal adalah seorang lelaku pendek yang berkaku bengkok, rambut keriting, buta sebelah mara, terhapus mata, tidak menonjol dan tidak bermata bulat. Apabila disamarkan kepadamu, maka ketahuilah bahwa Rabb kamu Allah SWT tidak buta sebelah matanya”. (Shahih. HR. Ahmad).

Tempat Dajjal Keluar Ke Bumi

Seorang sahabat R.A berkata, Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan seorang dajjal padanya: “Sesungguhnya dajjal keluar dari celah-celah diantara negeri Syam dan Iraq. Berbuat kerusakan-kerusakan di kiri dan di kanan.” (HR. Muslim)

Tempat-Tempat yang Tidak Bisa di Injak Oleh Dajjal

Dajjal akan berjalan diseluruh negeri yang ada dinuia ini, ada beberapa tempat yang tak bisa di injak oleh dajjal tersebut, seperti Makkah, Madinah, Masjidil Al-Aqsha, Masjidil Haram, Masjidil Ath-Thur.

Golongan Orang-Orang Pengikut Dajjal

Golongan orang-orang yang mengikuti dajjal ini adalah orang-orang yahudi, orang-orang Ajam (Selain Bangsa Arab), orang-orang tuki, dan ada beberapa golongan manusia-manusia lainnya, kebanyakan dari bangsa-bangsa Arab badui dan kaum wanita.

Seorang Sahabat R.A yang bernama Anas bin Malik R.A berkata, bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad SAW telah bersabda:

“Yang mengikuti dajjal dari kaum yahudi asafan sebanyak 70.000 orang, dan mereka memakai jubah yang berwarna hijau, yang mana jubah itu biasa dipakai oleh ulama Persia). ‘(HR.Muslim no. 2944).

Berlindung dari Fitnah-Fitnah Dajjal

Jalan satu-satunya untuk berlindung dari fitnah-fitnah dajjal ini adalah beriman kepada Allah SWT, patuh terhadap perintah-perintahnya, dan jauhi segala larangan-larangannya.

Hal itu dengan cara beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, berlindung dari fitnah Dajjal di dalam shalat secara khusus dan berlari darinya.

Dikatakan didalam sebuah hadits: “Barang siapa yang dapat menghafal 10 ayat surat Al-Kahfi dari permulaan ayat, maka niscayalah dia akan dipelihara dari fitnah-fitnah dajjal.

Dan telah dikatakan dalam satu lahfadz yang berbunyi: “Barangsiapa yang menemuinya, maka hendaklah ia membaca pembukaan surah Al-Kahfi”. (HR. Muslim).

2. Turunnya Isa ‘Alaihis Salam bin Maryam Ke Bumi

Tanda tanda kiamat
nuurislami.blogspot.co.id

Sesudah dajjal keluar dan berbuat keonaran, kerukasan pada muka bumi. Allah SWT mengutus Isa ‘Alaihis Salam bin Maryam ‘Alaihis Salam. Dalam keterangan hadits beliau turun ke bumi di pinggir menara putih di sebelah timur Damaskas, meletakkan kedua tangannya ini di atas sayap dua orang malaikat.

Isa ‘Alaihissalam turun kebumi ini bukan untuk menjadi Nabi yang terakhir, nabi yang terakhir ini adalah Nabi Muhammad SAW, dan tidak akan ada nabi terakhir sesudah Nabi Muhammad SAW wafat.

Isa diutus oleh Allah SWT turun ke bumi ini untuk membunuh dajjal, menegakkan kembali hukum-hukum islam, membunuh babi, mematahkan salib, menaruh pajak, harta berlimpah ruah dan hilangnya permusuhan-permusuhan sesama kaum muslimin.

Isa ‘Alaihis Salam tinggal di dunia selama 7 tahun lamanya, dan selama dia menetap di bumi tidak ada permusuhan di antara manusia-manusia lainnya. Lalu setelah itu Isa ‘Alaihis Salam bin Maryam ‘Alaihis Salam itu meninggal dunia, dan orang-orang kaum muslimin pun menyolatkannya.

3. Keluarnya Sesosok Makhluk Besar Yaitu Ya’juj dan Ma’juj

pahamilah.com

Ciri-ciri kiamat adalah munculnya Ya’juj dan Ma’juj di permukaan bumi, apakah Ya’juj dan Ma’juj ini telah ada? Pertanyaan tersebut adalah suatu pertanyaan yang sangat menarik. SebenernyaKitab Suci Al-Qur’an telah menjawab pertanyaan itu. Bahwa Allah SWT berfirman didalam surah Al-ambiya, ayat ke 95 sampai ayat ke 96.

“Sungguh tidak mungkin atas(Penduduk) Suatu Negeri yang telah kami binasakan, bahwa mereka tidak akan kembali (Kepada Kami). Hingga apabila tembok Ya’juj dan Ma’juj dibukakan, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. ” (Qs. Al-Anbiya, ayat 95-96).

Baca Juga Artikel Alat Musik Tradisional

Kabar akan keluarnya Ya’juj dan Ma’juj memang sangat menggetarkan hati seseorang yang telah mendengar kabar tersebut. Film-Film Hollywood secara tidak langsung telah menggambarkan sesosok Ya’juj dan Ma’juj didalam film-film zombi.

Terdapat salah satu film seria; yang sekarang kerap diputar adalah ‘Walking Dead’ yang mana film tersebut menggambarkan bagaimana akhir dunia ini ketika kelompok manusia dikalahkan oleh zombi.

Tetapi apakah benar penggambaran sesosok Ya’juj dan Ma’juj seperti yang ada didalam seperti itu? Jika kita lebih mengarahkan hal ini kepada Al-Qur’an maka semua itu akan lebih jelas, sebenrnya Allah SWT telah menjelaskan mengenai letak tinggalnya Ya’juj Ma’juj ini didalam Al-Qur’an Surah Al-Kahfi ayat ke 85 sampai ayat ke 86.

“Maka dia pun menempuh suatu jalan. Hingga ketika dia telah sampai di tempat matahari terbenam, dia melihatnya (Matahari) terbenam didalam laut yang berlumur hitam, dan disana ditemukannya suatu kaum (Tidak Beragama). Kami berfirman “Wahai Zulkarnain! Engkau boleh menghukum atau berbuat kebaikan (Mengajak beriman) kepada mereka.” (QS. AL-KAHFI, ayat 85-86).

Ya’juj dan Ma’juj ini adalah dua manusia besar keturunan Nabi Adam ‘Alaihis Salam. Ya’juj dan Ma’juj ini adalah lelaki yang sangat kuat, sehingga tidak ada seorang manusia pun yang dapat melawan mereka.

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj ke permukaan bumi ini merupakan salah satu tanda-tanda kiamat besar akan daatang.

Sesudah turunnya Isa ‘Alaihis Salam ke bumi, kemudian Isa ‘Alaihis Salam dan para sahabat-sahabatnya berdoa kepada Allah SWT untuk membinasakan Ya’juj dan Ma’juj, kemudian Allah SWT mengirim pasukan burung-burung yang membawa Ya’juj dan Ma’juj melemparkan diri mereka ke tempat yang telah di kehendaki oleh Allah SWT.

Setelah itu, Allah SWT mengirimkan hujan yang deras untuk membersihkan isi bumi. Lalu setelah hujan turun, timbul lah keberkahan di muka bunmi, dan tumbuhlah sayur-sayuran dan buah-buahan.

4. Munculnya Kabut dan Asap

Tanda tanda kiamat kubra
Bintang.com

Munculnya kabut-kabut di akhir zaman ini termasuk salah satu tanda-tanda kiamat yang besar. Allah SWT berfirman didalam Al-Qur’an Surat Ad-Dukhaan ayat 10 sampai ayat 11 yang arttinya:

“Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata, yang meliputi manusia, inilah adzab yang pedih.” (Qs. Ad-Dukhaan ayat 10-11).

5. Tiga Kejadian Terbenamnya Tanah (Longsor)

Tanda tanda kiamat kubra
penanggulangankrisis.kemkes.go.id

Tiga kejadian longsor besar itu merupakan salah satu tanda-tanda kiamat kubra, yaitu terjadinya longsor di daerah timur, terjadinya longsor didaerah barat, dan yang terakhir terjadinya longsor didaerah Semenanjung Arab. Alhamdulillahnya peristiwa-peristiwa ini belum terjadi.

6. Munculnya Matahari dari Sebelah Barat

Tanda tanda kiamat
mrseru.com

Apabila terjadi terbitnya matahari dari sebelah arah Barat berarti itu sudah termasuk salah satu tanda-tanda kiamat kubra. Terbitnya matahari dari sebelah arah Barat ini merupakan tanda-tanda kiamat besar yang memberitahukan adanya perubahan kondisi alam.

Allah SWT telah mengatakan dalam firman Allah di dalam Al-Qur’an Surah Al-An’aam Ayat ke 158 yang artinya:

“Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Rabbmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (Belum) mengusahakan kebaikan dalam masa Imannya.” (Qs. Al-An’aam ayat ke 158).

9. Keluarnya Binatang Melata di Muka Bumi

Tanda tanda kiamat
suratkabar.id

Kemunculan binatang melata di akhir zaman ini merupakan salah satu tanda-tanda telah mendekati hari kiamat. Binatang melata ini muncul, kemudian memberi tanda kepada manusia-manusia di atas hidungnya, memasung hidung orang kafir, dan menerangi wajah-wajah orang-orang yang beriman.

Seperti yang telah dikatakan pada Kitab Suci Al-Qur’an, pada surat An-Naml ayat ke 82 yang artinya:

“Dan apabila perkataan telah jatuh diatas mereka, kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat kami.” (QS. An-Nml. Ayat 82)

8. Keluarnya Api yang Menggiring Manusia

Tanda tanda kiamat
corogenjot.blogspot.co.id

Gambar diatas adalah gambar gunung api aden, yang mana apabila gunung aden ini mengeluarkan api besar, maka hal tersebut merupakan akhir dari tanda-tanda kiamat kubra, dan tanda-tanda pertama yang mengabarkan terjadinya kiamat.

Api tersebut keliar dari Negeri Yaman, lalu menyebar luas ke seluruh dunia dan menggiring manusia ke bumi mahsyar di Negeri Syam.

Sangat mengerekan dan menakutkan sekali kan? Maka dari itu di era seperti tanda-tanda kiamat kubra ini sudah mulai terlihat secara perlahan-lahan, banyak diluar sana yang sering kali yang mendapati kejadian-kejadian bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami, tanah longsor dan masih banyak kejadian-kejadian lainnya.

Maka dari itu kita sebagai umat muslim harus mengingat bahwa hari kiamat dan kematian itu akan tiba kepada diri kita, selain dari mengingat hal tersebut kita juga harus senantiasa merubah pola hidup dan pikiran kita, dan juga banyak-banyaklah bertaubat kepada ALLAH SWT agar kita dijauhkan dari adzab ALLAH yang sangat pedih. Amin.

Baca Juga Artikel Sejarah Majapahit

Itulah penjelasan tentang kiamat kubra, mudah mudahan adanya penjelasan tentang kiamat kubra ini dapat membuat pribadi kita lebih baik lagi. Amin

Terimakasih sudah berkunjung, selamat Membaca. Semoga adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk kehidupan kalian agar ke depannya dapat terlihat lebih baik lagi 🙂

Satu pemikiran pada “Ini dia 8+Tanda Tanda Kiamat Kubra yang Perlu Kamu Ketahui

Tinggalkan komentar