Tanda tanda kiamat

Perhatian, Inilah Tanda Tanda Kiamat Sugra yang Telah Terjadi di Dunia Beserta Penjelasannya

Tanda Tanda Kiamat Sugra – Arti dari Hari Kiamat ini adalah Hari hancurnya seluruh alam semesta ini, yang mana semua makhluk-makhluk dan manusia akan binasa. Pada hari kiamat ini adalah yang mana manusia yang kerap melakukan kejahatan, korupsi, kerap membunuh, dan lain sebagainya.

Disitu akan mendapatkan balasan-balasan yang setimpa, berupa siksa neraka. Berbeda dengan orang-orang yang kerap melakukan perbuatan yang baik, ketika di hari kiamatk, orang-orang yang kerap berbuat baik itu akan mendapatkan naungan (Perlindungan) langsung dari Allah SWT.

Sebenernya Allah SWT telah mengatakan tentang hari kiamat ini, pada firman Allah didalam Al-Qur’an Surat Al-Hajj ayat ke 1, yang artinya:

“Wahai Manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; Sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (Kejadian) yang sangat besar.” (QS. AL-HAJJ ayat 1).

Tidak ada seorang makhluk hidup yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat ini, begitu pula dengan para Nabi-Nabi dan Rasul nya. Yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat adalah, hanya Allah SWT sang pencipta langit dan bumi yang mengetahui kapan akan terjadinya hari kiamat itu terjadi.

Seeperti yang telah dikatakan oleh firman Allah SWT didalam Al-Qur’an surat Al-A’raaf ayat ke 187 yang artinya:

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, “Kapan kiamat terjadi?” Katakanlah sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada tuhanku; Tidak ada (Seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain dia.

(Kiamat) itu sangat berat (Huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad),

“Sesungguhnya pengetahuan tentang (Hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui nya.” (QS. AL-A’RAAF ayat ke 187).

Walaupun demikian, Rasulullah SAW telah mendongengkan tentang tanda-tanda kiamat. Tanda-tanda kiamat ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Tanda-tanda Kiamat Kubra, dan Tanda-tanda kiamat Sugra.

Adanya tanda-tanda kiamat ini menandakan bahwa Hari Kiamat ini sudah dekat, akan tetapi dekatnya itu dengan waktu yang cukup lumayan lama.

Adapun tanda-tanda terjadinya kiamat kubra (Besar), apabila semua tanda-tanda itu terjadi, maka Allah SWT akan mendatangkan hari, yang mana hari itu adalah hari kiamat.

Pada hari kiamat, akan ada api yang menggiring manusia ke Negeri syam, yang mana Negeri Syam ini menjadi tempat perkumpulan seluruh manusia yang berada didalam bumi ini, dari kalangan orang jahat, orang munafik, orang baik, dan lain sebagainya, mereka semua ini dikumpulkan di padang ma’syar Negeri Syam.

Yang mana ketika dikumpulkan manusia di padang ma’syar, seluruh manusia akan di sinari oleh matahari yang jaraknya sejengkal orang dewasa di atas kepala manusia, akan tetapi bagi kaum-kaum muslimin yang memiliki amal soleh, mereka (Kaum Muslimin) akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Begitu dahsyat nya bukan hari kiamat ini? Baiklah, dibawah ini akan ada pembahasan-pembahasan tentang tanda-tanda kiamat sugra yang telah terjadi di dunia ini. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini:

1. Meninggalnya Rasulullah SAW (Nabi Muhammad. SAW)

Tanda tanda kiamat sugra
KabarMakkah.com

Dikatakan didalam Sebuah hadits, Hadits riwayat Sahal bin Saad yang berbunyi:

Aku mendengar Bahwa Rasulullah SAW telah bersabda; “Waktu aku diutus menjadi seorang rosul, dan waktu hari kiamat adalah jaraknya antara 2 jari seperti ini  (Mengisyarakatkan Dekatnya Waktu Kiamat). (Shahih Muslim no. 5244)

Itulah hadits yang menerangkan mengenai alasan wafatnya Rasulullah SAW dan akan terjadinya hari kiamat.

2. Berlomba-lomba Meninggikan Bangunan

Tanda tanda kiamat sugra
gizmosnack.com

Ketika zaman dahulu, Nabi Muhammad SAW ditanya oleh Malikat Jibril ‘Alaihis Salam mengenai akan tanda-tanda akan terjadinya hari kiamat, kemudian Nabi Muhammad SAW langsung Menjawab demikian: “Seorang budak yang melahirkan majikanna, dan engkau melihat orang-orang yang penggembala domba, tidak memakai alas kaki, tidak memakai baju berlomba-lomba dalam meninggikan gedung”

Yang dimaksud dari “Seorang budak yang melahirkan majikannya adalah” Seorang pembantu yang melahirkan anak dari juragannya.

Yang dimaksud dari kata-kata “Orag yang tidak beralas kaki, tidak memakai baju, miskin, dan penggembala domba” adalah Orang-orang Arab yang dahulunya sebagai penggembala kambing, miskin, tidak memakai alas kaki, dan tidak memakai baju.

Orang-orang itulah yang di maksud oleh Baginda Rasulullah SAW. Saat ini pun sudah terjadi, orang-orang arab yang dahulunya hanya sebagai orang yang penggembala kambing, dan pada saat ini orang-orang penggembala kambing itu berlomba-lomba meninggikan bangunan bangunan gedung tinggi yang megah dan mewah.

Itulah salah satu tanda-tanda kiamat sugra yang telah terjadi didunia ini, terutama di Jazirah Makkah.

3. Terjadi Peristiwa Pembunuhan Dimana-mana

Tanda tanda kiamat sugra
manadopostonline.com

Seorang sahabat Nabi berkata, dari Abu Hurairah R.A bahwa Nabi Muhammad SAW telah bersabda demikian:”Tidak akan terjadi kiamat, sehingga banyak kejadian haraj.. Sahabat pun bertanya kepada Rasulullah, haraj itu apa, ya Rasulullah?” Nabi Muhammad SAW pun menjawa, “Haraj ini adalah pembunuhan-pembunuhan.” (HR. MUSLIM).

Saat ini peristiwa pembunuhan sudah sering terjadi di muka bumi ini, sering terjadinya pembunuhan seperti pembegalan, perang sesama saudara muslim sampai memakan banyak korban jiwa, dan peristiwa-peristiwa lainnya itu menandakan tanda-tanda kiamat sugra telah terjadi di muka bumi ini.

4. Terjadinya Perzinahan di Mana-Mana

Tanda tanda kiamat sugra
mohlimo.com

Yang dimaksud dengan perzinahan adalah bersetubuhnya seorang laki-laki dan seorang wanita, bersetubuh laki-laki dan wanita yang bukan muhrimnya itu dinamakan dengan perbuatan zinah, pada zaman sekarang diluar sana banyak sekali terjadinya peristiwa perzinahan.

Terjadinya perzinahan dimana-mana ini merupakan salah satu tanda-tanda akan datang nya hari kiamat, dan Allah SWT telah berfirman di dalam Al-Qur’an yang berbunyi;

“Dan janganlah kau mendekati perzinahan, sesungguhnya zinah perbuatan keji yang membawa kepada kerusakan.” (QS. Al-Isra ayat ke 32).

5. Banyak yang Mengkonsumsi Minuman Keras (Khmer)

Tanda tanda kiamat sugra
bumiislam.wordpress.com

Pada zaman ini banyak nya yang menkonsumi minuman minuman keras, baik dikalangan anak muda atau dikalangan orang tua.

Perbuatan mabuk pada saat ini seolah-olah bukan perbuatan yang di haramkan oleh agama, astaghfirullah. Padahal perbuatan mabok ini merupakan perbuatan yang di haramkan oleh Allah SWT didalam islam.

Didalam hukum islam, barang siapa yang menimun-minuman keras maka solatnya tidak akan diterima oleh Allah SWT selama 40 hari, dan apabila dia meninggal maka akan dimasukkan kedalam Api neraka, Naudzubillah.

Banyaknya yang mengkonsumsi minuman-minuman keras/barang-barang yang haram, maka perbuatan itulah merupakan salah satu tanda-tanda terjadinya kiamat sugra.

6. Banyaknya Jumlah Wanita di Dunia ini

Tanda tanda kiamat sugra
wartabuana.com

Di akhir zaman ini akan terjadi yang mana jumlah penduduk laki-laki ini lebih sedikit daripada jumlah penduduk perempuan, demikian hal ini dapat mencapai perbandingan 1 dibanding 50, mengenai hal ini merupakan terjadinya tanda-tanda kiamat akan terjadi.

Sebagaimana yang telah di jelaskan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi; “Diantara tanda-tanda kiamat adalah berkurangnya ilmu agama, munculnya sifat-sifat kebodohan, jumlah wanita semakin banyak, dan sedikitnya jumlah kaum pria hingga perbandingannya sampai 1 banding 50.” (HR. BUKHARI)

7. Datangnya Musim Hujan Tapi Tidak Menyuburkan

Tanda tanda kiamat sugra
daaruttauhiid.org

Datangnya musim hujan yang lama tapi tidak membawa kesuburan itu merupakan salah satu tanda-tanda kiamat sudah dekat. Sepanjang tahun sering terjadinya hujan secara terus menerus dan terjadinya hujan terus menerus itu tidak menyuburkan tamanan, tetapi malah mengakibatkan timbulnya bencana alam seperti banjir.

Demikian mengenai hal ini telah terjadi pada zaman ini, terkadang hujan ini mengguyur bumi secara terus menerus dan mengakibatkan banjir dimana mana.

Seorang sahabat r.a meriwayatkan, dalam riwayatan Anas Bin Malik R.A bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Kiamat akan terjadi apabila manusia terus di hujani sepanjang tahun sedangkan tanah tanah tidak menumbuhkan tumbuh-tumbuhan.” (HR. Ahmad).

8. Sering Terjadinya Bencana Alam Gempa Bumi

Tanda tanda kiamat sugra
tandapagar.com

Bencana alam yang sering terjadi di dunia ini adalah gempa bumi, sering terjadinya bencana alam seperti gempa bumi ini merupakan salah satu tanda-tanda akan tibanya hari kiamat, selain itu terjadinya bencana gempa bumi ini sebagai tanda peringatan bagi makhluk-makhluk yang hidup didunia ini untuk mempersiapkan dirinya untuk melakukan perbuatan sebaik mungkin.

Mengenai terjadinya bencana ini telah dijelaskan didalam hadits yang merupakan sabdaan dari Baginda Rasulullah SAW yang berbunyi: “Tidak akan terjadi kiamat sampai sering terjadinya bencana alam dimana mana.” (HR. BUKHARI).

9. Banyak Orang-Orang Kaya Tapi Kikir

Tanda tanda kiamat sugra
catatan.fajar.co.id

Didunia ini harta kekayaan adalah sebagai hal yang terpenting bagi orang-orang yang sangat tergila-gila oleh harta, mempunyai sifat kikir ini merupakan sifat yang sangat di benci oleh Allah SWT.

Mengapa sangat dibenci oleh Allah? Karena Allah SWT tidak menyukai seseorang saudagar kaya raya yang memiliki sifat kikir atau pelit, Allah SWT lebih menyukai orang yang sederhana tapi kesederhanaan tersebut tidak lupa dengan yang namanya berbagi/bersedekah untuk orang yang lebih membutuhkannya.

Padahal apabila kita perhatikan bahwa harta kekayaan di dunia ini tidak akan dibawa mati, yang dibawa mati ini adalah amal perbuatan yang baik, bukan harta kekayaan atau jenis jenis lainnya.

Didunia ini harta adalah sebagia ujian untuk manusia saja, Allah SWT sengaja memberi harta kepada manusia agar bagaimana mereka ini dapat memanfaatkan hartanya didunia ini sebaik mungkin, entah digunakan untuk bersedekah, entah di pergunakan untuk di jalan Allah, entah di gunakan untuk di pamer-pamerkan kepada orang lain.

Semua harta yang telah diberikan oleh Allah SWT akan dipertanyakan pada hari akhir (Hari Kiamat).

Sifat-sifat kikir, pelit, dan sifat-sifat lainnya merupakan salah satu tanda-tanda kiamat sudah hampir tejadi, sebagaimana yang telah dijelaskan didalam Hadits Nabi Muhammad SAW bersabda: “Di antara tanda-tanda kiamat adalah membudayanya sifat kikir.” (HR. BUKHARI).

10. Munculnya Wabah-Wabah Penyakit yang Menular

Tanda tanda kiamat sugra
ummi-online.com

Untuk saat ini emang banyak sekali penyakit penyakit yang telah menyebar di seluruh penhujung dunia, mengenai hal ini kita harus bisa lebih berwasda dalam melakukan perbuatan, mengapa? Karena tersebarnya penyakit ini menjadi salah satu tanda-tanda kiamat akan terjadi, maka dari itu kita sebagai umat manusia segera memperbaiki diri dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Yang mana pertanda akhir zaman ini telah tiba ini sudah dijelaskan sebagai berikut:

“Di antara enam pertanda hari kiamat timbulnya berbagai macam-macam penyakit yang mana penyakit itu dapat menyebar luas dan mengakibatkan dari antara kalian meninggal dunia karena adanya penyakit, seperti matinya kambing ditempatnya.”

Itulah penjelas mengenai 10 tanda-tanda kiamat yang perlu kamu ketahui sebagai umat muslim, kita sebagai kaum muslimin harus meyakini akan tibanya hari kiamat.

Setelah mengetahui tanda-tanda kiamat tersebut, maka kita semua ini dapat mempersiapkan diri kita untuk bertaubat, berbuat lebih baik lagi, dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Mudah-mudahan adanya artikel mengenai pembahasan kiamat ini dapat merubah diri kita agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi daripada biasanya. Amin

Jangan lupa untuk baca juga aritkel Tanda-Tanda Kiamat Menurut Al-Qur’an  pada artikel ini akan ada pembahasan lebih lengkap lagi mengenai tanda tanda kiamat.

Terimakasih telah berkunjung di website kami, selamat membaca 🙂

Tinggalkan komentar