Teknik Dasar Bola Voli | Penjelasan Lengkap yang Wajib Kamu Ketahui!

TEKNIK DASAR BOLA VOLI – Halo, apakah diantara kalian ada yang mengetahui tentang teknik dasar bola voli? Teknik dasar bola voli merupakan salah satu bagian penting dalam permainan bola voli yang bisa dijadikan sebagai dasar dengan kesempurnaan pemain ketika pemain itu sedang memainkan permainan bola voli.

Selain dari itu pada kenyataannya masih banyak sekali penyebab-penyebab lainnya. Misalkan contohnya seperti pada kondisi fisik pada tubuh kalian, kondisi dari mental kalian, serta adanya struktur dalam pembentukan strategi dalam memainkan bola voli yang bagus dan juga sempurna.

Oleh karena itu, jikalau kalian semua menginginkan diri kalian untuk menjadi salah satu pemain voli yang bagus dan juga handal, maka sebelum menjadi pemain voli yang handal akan ada tugas yang harus kalian benar-benar dikerjakan.

Apa itu tugasnya? Yakni belajar untuk menguasai seluruh teknik dasar bola voli. Karena, menguasai seluruh teknik dasar bola voli bisa membuat dampak yang bagus dalam memainkan permainan bola voli. Banyak sekali teknik dasar bola voli ini yang harus kalian benar-benar pahami dan menguasainya.

Kenapa harus seperti itu? Karena, jikalau teman-teman semua memang sudah benar mahir dan jago dalam menguasai seluruh teknik dasar bola voli ini akan terasa mudah ketika sedang memainkan bola voli didalam lapangan, dan juga akan terasa mudah untuk mendapatkan poin atau score dalam permainan bola voli.

Jikalau setiap masing-masing regu mempunyai pemain yang bisa menguasai seluruh teknik dasar bola voli, maka regu atau tim tersebut sudah dipastikan bahwa tim itu memiliki pertahanan atau kekuatan tim yang sangat bagus serta akan sulit sekali untuk dikalahkan oleh lawan dari tim tersebut dan tim tersebut akan selalu memenangkan pertandingan bola voli.

Sebelum kita membahas secara detail mengenai teknik dasar bola voli dan bagaimana cara melakukannya sesuai dengan ketentuan yang ada, alangkah baiknya jikalau kita terlebih dahulu untuk memahami pengertian permainan bola voli, bagaimana sejarah dari permainan bola voli dan siapa orang pertama yang menciptakan permainan bola voli.

Berikut ini akan ada sedikit pembahasan mengenai …

Pengertian dari Permainan Bola Voli

teknik dasar bola voli
dikatama.com

Permainan bola voli merupakan salah satu dari cabang olahraga yang didalamnya dimainkan oleh 2 regu atau tim, yang mana kedua kelompok tersebut saling berlawanan satu sama lain guna untuk bisa mendapatkan poin/score tertinggi dan juga bisa untuk meraih kemenangan dari pertandingan bola voli tersebut.

Cara permainan bola voli ini hanya dimainkan dengan mengelola bola yang dilempar dari tim lawan yang mengarahkan bola tersebut kepada tim kita, selain dari mengelola bola kita juga patut melemparkan kembali bola voli yang dilemparkan oleh tim lawan kepada tim kita dengan satu syarat yakni harus melewati net yang menjadi salah satu penghalang antar tim kita dengan tim musuh.

Adanya olahraga voli ini yaitu mempunyai tujuan tersendiri yang mana tujuan dari permainan bola voli ini ialah menjaga agar bola voli tetap melambung di udara sehingga bola voli tersebut tidak jatuh dan mendarat di tanah wilayah kekuasaan tim kita.

Selain menjaga bola voli yang jatuh di wilayah kekuasaan tim kita, kita juga harus berusaha untuk menjatuhkan bola voli ini didalam kekuasaan tanah lawan dari tim kita.

Dalam cara mengatur atau mengelola dan melemparkan bola itu tidak dilakukan secara asal-asalan. Kita sebagai salah satu pemain bola voli, sebelum melemparkan bola voli itu ke wilayah kekuasaan tim lawan maka kita selaku pemain bola voli ini sangat memerlukan sekali yang namanya teknik dasar bola voli dalam melemparkan bola yang baik dan benar.

Untuk kalian yang belum mengetahui tentang teknik-teknik dasar bola voli seperti service bola voli, passing bola voli, blocking bola voli, smash bola voli dan teknik-teknik dasar bola voli lainnya jangan pernah merasa sedih. Karena setelah pembahasan satu ini mari kita uraikan teknik-teknik dasar bola voli dan cara melakukannya.

Eitsss, tapi sabar dulu ya. Karena berikut ini saya akan terlebih dahulu membahas mengenai …

Sejarah Bola Voli

teknik dasar bola voli
cnn.com

Sebelum kita memasuki kedalam pembicaraan tentang sejarah dari permainan bola voli, dibawah ini ada sedikit pembicaraan tentang pengertian dari permainan bola voli. Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang didalamnya dimainkan oleh dua buah tim.

Dari masing-masing tim atau kelompok mempunyai 6 pemain inti bola voli. Adapun variasi dari permainan bola voli pantai yang mana didalam sejarah bola voli ini pada setiap kelompok atau timnya hanya mempunyai dua buah pemain saja.

Sesudah kita mengetahui penjelasan dari pengertian permainan bola voli. Maka dibawah ini akan ada pembicaraan secara singkat mengenai awal mula sejarah dari permainan bola voli:

Awal mula diciptakannya permainan bola voli ini oleh seorang instruktur olahraga, yang mana instruktur olahraga tersebut memiliki nama yang dikenal oleh masyarakat sebagai William G. Morgan. Asal usul dari orang yang menciptakan permainan bola voli ini berasal dari wilayah Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Dan didalam bagian ini ada hal unik yang perlu kalian ketahui. Hal unik tersebut adalah penemu atau pencipta permainan bola voli yang bernama William G. Morgan ini beliau tidak menyebut bahwa permainan ini adalah permainan bola voli, namun ia menyebut permainan ini sebagai sebutan mintonette.

Nah tulisan diatas adalah menceritakan tentang awal mulanya permainan bola voli ini dijumpai oleh seseorang instruktur olahraga yang bernama William G. Morgan.

Jikalau kita melihat dari jasa-jasa beliau, permainan bola voli ini dapat menyebar hingga ke seluruh penghujung dunia malahan permainan bola voli ini bisa menepi di negara kita, yaitu negara Indonesia Raya Tercinta.

Setelah selesai membahas atau membicarakan secara ringkas tentang awal mula sejarah diciptakannya permainan bola voli, maka pembahasan selanjutnya adalah pembahasan utama yang didalamnya akan membahas mengenai teknik dasar bola voli.

Teknik Dasar Bola Voli yang Harus Kalian Kuasai

teknik dasar bola voli
vexels.com

Didalam setiap permainan olahraga pasti memiliki berbagai macam teknik-teknik dasar. Begitu juga dengan permainan bola voli ini, didalam permainan bola voli pun memiliki teknik-teknik dasar bola voli yang harus dipelajari agar kita bisa menjadi salah satu pemain bola voli yang hebat dan juga handal.

Kenapa teknik dasar bola voli ini harus kita pelajari dan kita kuasai? Memang menguasai teknik dasar bola voli ini sangat penting dan sangat diperlukan sekali oleh setiap orang yang menjadi pemain bola voli. Karena apabila seluruh pemain bola voli bisa menguasai seluruh teknik dasar bola voli maka tim tersebut bisa menjadi sebuah tim yang kuat dengan pertahanan dari serangan tim lawan kepada tim tersebut.

Selain itu, banyak juga keuntungan-keuntungan bagi setiap tim yang didalamnya seluruh pemain bisa menguasai teknik-teknik dari teknik dasar bola voli. Salah satu keuntungan dari menguasai teknik dasar bola voli ialah:

  • Bisa memenangkan pertandingan bola voli
  • Menjadikan sebuah tim yang kuat didalam pertandingan bola voli.
  • Tim lawan akan merasa kesulitan untuk mengalahkan tim voli yang didalamnya terdapat orang yang menguasai teknik-teknik dari teknik dasar bola voli.
  • Permainan bola voli akan terlihat lebih beraturan.

Nah lumayankan keuntungannya bisa membuat tim voli kita terlihat kuat dan gagah apabila kita bisa menguasai seluruh teknik dasar bola voli.

Lantas teknik dasar bola voli apa saja yang harus benar-benar di kuasai dan dipelajari oleh seluruh pemain voli? Berikut dibawah ini penjelasan mengenai …

4 Teknik Dasar Bola Voli dan Cara Melakukannya

teknik dasar bola voli
rumahulin.com

Teknik dasar bola ini terbagi menjadi 4 bagian yang mana masing-masing bagian dari teknik dasar bola voli itu harus kalian kuasai supaya bisa menjadi salah satu pemain voli yang baik dan handal. Jikalau kalian memang serius ingin menjadi pemain voli yang baik dan handal, maka simaklah baik-baik pembahasan tentang teknik dasar bola voli dibawah ini.

1. Teknik Dasar Bola Voli Service Bagian Atas dan Bawah

teknik dasar bola voli
solusitugassekolah.blogspot.co.id

Jikalau kalian adalah seorang pemula atau orang yang baru pertama mengenal permainan bola voli, maka service merupakan salah satu teknik pertama dari teknik dasar bola voli yang harus kalian pelajari.

Jikalau kalian memang belum mengetahui dan memahami seperti apa itu service, jangan pernah merasa khawatir dikarenakan didalam pembahasan ini akan dibahas juga mengenai pengertian dari service bola voli.

Lantas apa itu service? Service merupakan pukulan bola voli yang dikerjakan untuk melewati net yang menjadi penghalang antara wilayah kekuasaan tim kita dengan wilayah kekuasaan tim lawan. Atau juga service bola voli ini bisa kita definisikan sebagai lemaparan bola yang mengarahkan bola itu kepada pemain lawan yang lemah.

Sehingga service atau lemparan bola voli yang kita berikan untuk pemain tim lawan itu tidak bisa diatur-atur atau diolah-olah oleh pemain lawan itu, dan hal itu bisa membuat tim kita mendapatkan satu buah poin atau bisa disebut juga dengan sebutan ‘score’.

Sudah menjadi ketentuan atau peraturan dari dulu bahwa service bola voli bisa dilakukan jikalau bola voli itu jatuh ke tanah entah bola itu jatuh di wilayah kekuasaan kita atau tim lawan, sehingga salah satu tim tersebut mendapatkan satu buah poin. Dan yang melakukan service voli ialah pemain dari sebuah tim yang berhasil mendapatkan score.

Teknik dasar service bola voli ini terbagi menjadi beberapa cara dan bagian, apa saja? Diantaranya ialah seperti yang telah dituliskan dibawah ini:

Servis Bola Voli Bagian Bawah

teknik dasar bola voli
pastiguna.com

Teknik servis bola voli bagian bawah ini dilakukan dengan berbagai macam langkah. Diantaranya sebagai berikut:

  • pemain voli berdiri tegak dengan salah satu bagian kakinya diletakkan di posisi depan serta menghadapkan tubuh ke arah depan.
  • Berat badan ditumpukan untuk kaki yang dibagian belakang.
  • Melambungkan bola voli ke atas.
  • Menggerakan lengan bagian kanan ke belakang, kemudian mengayunkan lengan bagian kanan ke depan guna untuk memukul bola voli ke daerah kekuasaan lawan.
  • Memukul bola voli dengan cara mengepalkan tangan yang kuat.
  • Ketika akan memukul bola voli maka memindahkan berat badan ke bagian kaki yang diletakkan di bagian depan.
  • Memindahkan kaki yang berada di bagian belakang ke depan.

Servis Bola Voli Bagian Samping

teknik dasar bola voli
dentmasoci.com

Berikut dibawah ini langkah-langkah servis bola voli dengan menggunakan bagian samping:

  • Pemain voli harus berdiri dengan kedua kaki yang dihadapkan ke sudut lapangan.
  • Memegang bola voli dengan menggunakan tangan yang diangkat setinggi kepala.
  • Kemudian langsung melambungkan bola voli ke arah depan dada.
  • Mengayunkan tangan kebelakang untuk tangan yang akan dipakai untuk memukul bola voli.
  • Berat badan agak sedikit menumpukan ke bagian belakang dengan agak sedikit menekukkan posisi kedua lutut.
  • Mengangkat tangan yang akan memukul bola voli dengan membentuk gerakan tangan melingkar.
  • Memutarkan tubuh dengan sedimikian rupa hingga bisa menghadap lurus kehadapan net, dan kemudian memindahkan berat pada tubuh ke bagian depan.

Servis Bola Voli Bagian Atas

teknik dasar bola voli
maolioka.com

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah untuk melemparkan atau servis bola voli bagian atas:

  • Pemain voli berdiri dengan agak sedikit menekukan kedua lutut serta meletakkan salah satu kaki di depan.
  • Memegang bola voli dengan menggunakan kedua tangan.
  • Melambungkan bola voli ke udara dengan lengan bagian kiri ke atas hingga mencapai ketinggian kurang lebih 1 eter diatas permukaan kepada dan di depan bahu.
  • Kemudian dengan pergerakan cepat menarik tangan bagian kanan ke belakang atas kepala dengan terbukanya telapak tangan yang menghadap ke arah depan.
  • Agak sedikit melentingkan badan ke belakang dan selanjutnya memukul bola dengan menggunakan telapak tangan yang terbuka. Didalam bagian ini, posisi tangan harus tetap dan seluruh badan atau tubuh harus ikut bergerak.
  • Ketika memukul bola ke arah wilayah kekuasaan lawan maka disitu kalian harus memindahkan beban tubuh kalian ke bagian depan.

Jump Service

teknik dasar bola voli
olahraga.pro

Berikut dibawah ini adalah tips atau cara melakukan jump servicbola voli:

  • Pemain voli berdiri dengan merapatkan kedua kakinya.
  • Memegang bola voli dengan menggunakan kedua tangan yang berada di hadapan tubuh.
  • Melambungkan bola voli itu ke atas.
  • Ketika bola voli melambung di atas udara, kalian hendaknya langsung melakukan tolakan dengan menggunakan salah satu kaki ke depan supaya bisa mendapati lompatan yang maksimal.
  • Ketika sudah mendapati ketinggian lompat yang maksimal, dan juga bola voli itu sudah berada di jangkauan tangan maka ketika itu kalian harus langsung memukul bola itu.
  • Ketika hendak memukul bola voli maka ketika itu kalian harus memindahkan berat pada tubuh ke bagian depan.
  • kemudian setelah selesai memukul bola voli mendaratlah dengan sebaik-baik mungkin.

2. Teknik Dasar Bola Voli Passing Bagian Atas dan Bawah

teknik dasar bola voli
espncdn.com

Sesudah berhasil memahami dan menguasai teknik dasar men-service bola voli, selanjutnya kalian juga harus bisa menguasai teknik dasar bola voli lainnya. Misalkan menguasai teknik dasar bola voli passing/mengoper. Teknik passing ini merupakan salah satu teknik dasar bola voli yang tak kalah pentingnya dengan teknik service.

Passing adalah sebuah usaha yang dikerjakan oleh seorang pemain voli untuk mengoper bola voli kepada teman yang berada didalam timnya yang dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu yang berguna untuk membuat strategi dalam penyerangan.

Ketahuilah bahwa ketika sedang memainkan permainan bola voli ini teknik passing yang tepat dan juga akurat merupakan teknik dasar bola voli yang sangat dibutuhkan supaya bola tersebut bisa diarahkan dengan tepat ke rekan yang berada didalam tim yang sama, serta bisa juga melancarkan serangan yang nantinya akan menghasilkan sebuah poin.

Lantas seperti apa penggunaan teknik yang sebenarnya?

Biasanya, teknik passing yang ada didalam permainan bola voli itu terbagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah teknik passing bagian atas dan yang kedua adalah teknik passing bagian bawah. Berikut dibawah ini penjelasan mengenai cara penggunaan dari macam-macam teknik passing tersebut:

Baca juga teknik dasar sepak bola

Passing Bola Bagian Atas

teknik dasar bola voli
alihamdan.id

Untuk melakukan teknik passing bola voli dengan bagian atas ini memerlukan beberapa langkah agar passing yang dilakukan itu bisa menjadi passing yang optimal.

Berikut dibawah ini langkah-langkah passing bola voli bagian atas :

  • Berdiri dan meregangkan kedua kaki hingga selebar bahu.
  • Menekuk sedikit kedua lutut sampai tubuh kita benar-benar merendah serta agak sedikit dibungkukkan ke bagian depan.
  • Menumpukkan berat pada tubuh di ujung kaki bagian depan.
  • Ketika bola tiba, maka secepat mungkin menempatkan tubuh kita tepat berada di bawah bola tersebut.
  • Kedua lengan diangkat dan lengan tersebut agak sedikit ditekukkan, dan membuka lebar jari-jari pada tangan sampai renggang sehingga jari-jari pada tangan itu membentuk seperti bentuk mangkuk.
  • Ketika bola itu telah berada di atas badan, maka kita harus sedikit menekuk bagian siku-siku dan letak dari posisi lengan itu sendiri tepat berada di atas dahi, kenakan lah bola voli itu dengan baik, yakni mengenakan bola voli tepat pada jari-jari tangan.
  • Ketika bola voli telah menyentuh jari-jari tangan, maka tegangkan jari tangan kalian sehingga bola tersebut dapat memantul dengan baik, dan kemudian dorong bola itu dengan menggerakan pergelangan lengan dan diiringi dengan meluruskan siku-siku.
  • Jari yang paling kerap untuk digunakan mendorong bola ialah ibu jari, jari telunjuk dan juga jari tengah.
  • Mengakhiri gerakan mendorong bola dengan cara agak sedikit mengangkat tumit dari permukaan tanah atau lantai, menaikkan lutut dan pinggul, meluruskan kedua tangan, serta pandangan tetap mengikuti ke arah bola itu bergerak.

Passing Bola Bagian Bawah

teknik dasar bola voli
alihamdan.id

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah dalam melakukan passing bola bagian bawah yang perlu kalian perhatikan. Diantaranya adalah:

  • Berdiri dengan gagah dan membuka kedua buah kaki selebar bahu.
  • Merapatkan dan meluruskan kedua tangan di hadapan badan agar kedua ibu jari sejajar dengan rata.
  • Mengayun-ayunkan kedua tangan dengan cara beriringan dari bawah hingga ke atas sampai setinggi bahu.
  • Ketika bola itu tersentuh dengan kedua tangan, maka pada bagian lutut harus diluruskan kembali.
  • Kenakan bola itu dengan baik dan tepat, yakni dengan cara mengenakan bola tersebut tepat berada di atas pergelangan tangan.
  • Dalam melakukan passing bawah yang menuju arah depan, maka tangan yang diayunkan itu tidak melebihi dari 90 derajat dengan tubuh atau dengan bahu.

3. Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli

teknik dasar bola voli
alihamdan.id

Smash merupakan salah satu teknik dasar bola voli yang dilakukan dengan cara memukulkan bola diiringi dengan kekuatan penuh sambil melompat tinggi di udara. Setelah melompat, maka ketika itu pemain voli langsung mengarahkan bola tersebut ke daerah kekuasaan tim lawan yang masih ada lahan kosong.

Didalam teknik dasar bola voli, teknik seperti ini adalah teknik pukulan ketiga.

Dalam menerima bola voli ini terdapat urutan-urutannya sendiri, diantara lain ialah :

  • Menerima bola dengan menggunakan cara passing bola pada bagian bawah.
  • Bisa juga menerima bola dengan menggunakan passing bola pada bagian atas.
  • Menerima bola dengan menggunakan cara teknik smash.

Seorang spiker atau penyerang, biasanya mempunyai postur tubuh yang bagus dan juga memiliki kemampuan untuk melakukan lompat tinggi. Karena dibagian ini ketika akan melakukan teknik smash, maka pemain voli itu harus melompat tinggi dan juga memukul bola dengan menggunakan kekuatan yang kuat.

Ketika melakukan spike atau smash, maka sangat dianjurkan untuk bisa membuahkan serangan-serangan yang keras terhadap tim lawan. Sehingga posisi bola akan benar-benar menukik  agar membuat pemain lawan akan merasa kesulitan ketika mengejar bola dan ada kemungkinan juga tidak akan menerima bola tersebut.

Berikut dibawah ini akan ada pembicaraan mengenai teknik smash yang terbagi menjadi 4 bagian, diantaranya adalah awalan, tolakan, pukulan dan yang terakhir adalah pendaratan.

Untuk penjelasan lengkapnya kalian bisa langsung saja menyimak ulasan dibawah ini:

Awalan

Berikut dibawah ini langkah-langkah awalan dalam melakukan teknik smash dalam bola voli:

  • Melompat dengan jarak normal antara tubuh dengan net, misalkan seperti berjarak dari 1,5 hingga 4 meter dari jarak net.
  • Badan tetap rileks namun agak sedikit cenderung ke depan.
  • Berat pada tubuh kita harus kita seimbangkan untuk kedua kaki ketika sedang awalan persiapan.

Tolakan

Berikut dibawah ini langkah-langkah atau tahapan untuk melakukan tolakan dalam teknik smash bola voli:

  • Jari kaki dan tumit menghentakkan ke tanah.
  • Kedua tangan diayunkan ke arah depan.
  • Bagian telapak kaki, pinggul, dan juga tubuh harus digerakkan dengan selaras sehingga menjadi gerakan yang sempurna.
  • Melakukan lompatan vertikal dan gerakan eksplosif.

Pukulan Bola

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah memukul bola didalam teknik smash bola voli:

  • Jarak bola berada tepat diatas cengkeraman tangan yang akan memukul.
  • Memukul bola voli yang keras dan secepat mungkin.
  • Sentuhkanlah telapak tangan dengan tepat pada bagian tengah atas bola.
  • Ketika berhasil memukul bola maka tangan melakukan gerakan lanjutannya, yaitu ke arah garis tengah badan.
  • Pukulan bola yang benar maka akan menghasilkan hasil bola dengan kecepatan tinggi.

Sikap mendarat

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah untuk melakukan sikap mendarat didalam teknik smash bola voli:

  • Ketika berhasil memukulkan bola ke arah tim lawan, maka setelah itu mengembalikan kembali posisi tubuh ke posisi awal dengan sikap yang sempurna.
  • Badan harus tetap dalam keadaan tenang dan juga siap untuk dipakai dalam gerakan-gerakan berikutnya.
  • Mendarat ke tanah dengan kedua kaki seperti per.
  • Mendarat ke permukaan tanah dengan lutut dan jari-jari pada kaki sedang keadaan lentur.

4. Teknik Dasar Blocking dalam Permainan Bola Voli

teknik dasar bola voli
olahraga.pro

Teknik blocking bola dalam permainan bola voli ini dipakai untuk mencegah atau menahan dari adanya serangan yang dilakukan oleh salah satu pemain lawan. Pertahanan bola dari serangan yang dilakukan oleh pemain lawan bisa kita gunakan kedua tangan yang diikuti dengan lompatan tinggi ke arah bola yang dituju, lalu langsung menahan bola agar bola voli itu tidak masuk dan jatuh di daerah kekuasaan tim kita.

Adanya teknik blocking ini sangat dibutuhkan oleh setiap masing-masing tim voli. Oleh sebab itu setiap pemain voli harus biasa menguasai seluruh teknik dasar bola voli, salah satunya dari teknik dasar bola voli yang harus dikuasai ialah blocking atau biasa disebut dengan menghadang bola.

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kita kerjakan untuk melakukan blocking terhadap bola:

  • Berdiri tegak dengan posisi kaki sejajar dengan kedua lengan yang berada di hadapan dada dan juga posisi tangan itu menghadap ke depan arah net.
  • Setelah itu kalian bisa langsung melakukan lompatan tinggi mengikuti kemana arah bola itu yang dipukul oleh salah satu pemain dari tim lawan.

***

Demikianlah pembahasan mengenai 4 teknik dasar bola voli yang setiap masing-masing teknik dasar bola voli itu harus kamu kuasai apabila memang dirimu ingin menjadi salah satu pemain bola voli yang bagus dan handal. Akan tetapi pada praktiknya untuk bisa mendapatkan kemenangan bukan hanya menguasai seluruh teknik dasar bola voli saja.

Lantas apa? Selain dari menguasai teknik dasar bola voli, kamu membutuhkan yang namanya tim! Dengan adanya sebuah tim yang membuat strategi dalam permainan bola voli, maka ketika berlangsungnya permainan bola voli akan terlihat ter struktur dan juga berjalan dengan maksimal.

Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bisa memberi banyak manfaat buat kalian semua 🙂

 

Tinggalkan komentar