5+ Teknik Dasar Permainan Bola Basket – [Lengkap dengan Cara Bermain, Peraturan dan Gambarnya]

TEKNIK DASAR PERMAINAN  BOLA BASKET – Pada kali ini, saya ingin berbagi tentang 5 teknik dasar permainan bola basket yang perlu kalian kuasai supaya bisa menjadi pemain basket yang bagus dan berprestasi.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis tentang penjelasan bagaimana teknik dasar permainan bola basket yang benar, bukan hanya sekedar penjelasannya saja, tapi di artikel ini akan dilengkapi dengan gambar dan tata cara permainan bola basket (peraturan bola basket).

Bola basket, bola basket adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh tim, yang didalam timnya terdiri dari 5 pemain inti dan pertandingan bola basket ini dimainkan dalam 2 babak pertandingan, untuk ingin lebih mengetahui tentang sejarah bola basket, kalian bisa membaca pada artikel sebelumnya, di artikel sebelumnya saya membahas tentang sejarah bola basket lengkap.

Karena permainan bola basket ini dimainkan dengan regu/tim maka untuk, bermain bola basket dengan cara bersama-sama itu sangat memerlukan yang namanya pengertian dan pemahaman tentang teknik dasar permainan bola basket yang bi.

Hitungan point didalam bola basket ini berbeda dengan hitungan point dalam permainan bola, hitungan point dalam permainan basket ini ada 2 macam poin yang dipasang ketika pemain basket memasukkan bola kedalam ring lawan/musuh.

Untuk memenangkan pertandingan bola basket, kalian dapat menggunakan teknik dasar seperti yang ada pada penjelasan dibawah ini supaya dapat mencetak 2 atau 3 point dengan cara bermain yang bagus dan indah.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

teknik dasar permainan bola basket
tandapagar.com

Permainan bola basket dimainkan di lapangan baik yang tertutup atau lapangan yang terbuka dengan ukuran panjang 26 meter, dan lebar sekitar 14 meter. Permainan bola basket ini dimainkan dalam 2 babak, dan masing-masing babak dari permainan bola basket ini mempunyai waktu selama 20 menit.

Untuk istirahat dalam permainan bola basket ini hanya diberi waktu selama 10 menit saja, yang mana ketika itu para pemain basket hanya diberi kesempatan untuk memulihkan kembali stamina-stamina atau tenaga sambil mendengarkan instruksi dari sang pelatih, dan melakukan sebuah penilaian dari sepanjang permainan yang telah berlangsung.

Apabila kalian dan teman-teman kalian tidak menguasai teknik dasar permainan bola basket, maka tenaga-tenaga yang dimiliki akan berkurang dan terkuras sampai habis tangpa melakukan suatu hal yang benar, dan menuju pada keadaan buruk, yaitu akan kehilangan banyak point dalam satu pertandingan.

Nah, dibawah ini akan ada pembahasan tentang teknik dasar permainan bola basket yang benar dan sangat bermanfaat sekali, yuk langsung saja kita simak pembahasan dari teknik dasar permainan bola basket ini.

1. Dribling Bola Basket (menggiring)

teknik dasar permainan bola basket
diecoach.blogspot.co.uk

Teknik dasar dalam dribling bola basket ini tujuannya itu sama dengan teknik dribling-dribling pada teknik dribling bola, yaitu tujuannya untuk menggiring bola dan menghindari dari lawan yang berusaha menyerang untuk mengambil alih bola basket yang ada di kita.

Perbedaan-perbedaan dribling bola basket dengan dribiling bola sepak itu terdapat pada penggunaan organ tubuh, yang dimaksud dari penggunaan organ tubuh ialah tangan dan kaki, teknik dribling bola basket menggunakan tangan, dan teknik dribling bola sepak itu menggunakan kedua kaki.

Yang perlu perhatikan ketika mendribling bola basket itu ialah, jangan pernah memakai kedua tangan untuk mendribling bola, dan jangan memakai tangan yang sedang mengepal untuk menggiring bola. Dalam teknik mendribling bola basket ini terdapat dua macam jenis, yaitu:

  • Teknik dribling atas.Teknik diribling atas digunakan untuk menggiring bola dengan cara cepat agar bisa langsung menembus ke wilayah pertahanan lawan dengan cara lari/berjalan cepat.
  • Teknik dribling bawah.
    Teknik dribling bawah digunakan untuk mempertahankan bola dari serangan-serangan lawan yang ingin merebut bola. Teknik dribling rendah ini dipakai ketika saat berhadapan langsung dengan musuh, dan ingin membentuk sebuah terobosan-terobosan yang memanfaatkan sebuah celah yang dibentuk oleh lawang ketika sedang lengah.

Yang perlu kalian ingat dalam menggunakan kedua teknik dribling bola basket ini kalian harus memantulkan bola basket setelah menggunakan 3 langkah dalam pergerakan, karena jika lebih dari 3 langkah dalam pergerakan maka akan dianggap suatu pelanggaran dan pelanggaran tersebut menguntungkan pihak musuh.

2. Teknik Passing Bola Basket (Mengoper)

teknik dasar permainan bola basket
dodolanweb.blogspot.co.uk

Teknik mengoper adalah teknik dasar permainan bola basket yang harus kalian kuasai betul-betul supaya dapat bermain bola basket secara bersama-sama. Teknik mengumpan/passing ialah gerakan melempar bola basket kepada teman satu tim.

Mengumpan dapat dilakukan dengan memakai dua tangan atau memakai satu tangan saja, maksud tujuan dari melakukan passing ini ialah untuk menjaga bola dari musuh yang ingin merebut bola tersebut dan menyusun strategi serangan terobosan atau gerakan tipuan.

Dibawah ini ada 6 jenis teknik passing yang bisa kalian pelajari dan kalian gunakan ketika sedang bermain bola basket.

A. Overhead Pass

teknik dasar permainan bola basket
seattlebasketballproam.com

teknik umpan/mengoper yang dipakai dengan letak posisi bola di atas kepala. Teknik mengoper seperti ini dipakai untuk membuat counter attack dengan cara melemparkan bola basket jauh ke wilayah pertahanan musuh.

Teknik umpan seperti ini juga dapat digunakan apabila kalian sedang dalam pengawalan yang sangat ketat oleh pihak lawan ketika berlangsungnya permainan.

Adanya teknik passing seperti ini menjadikan solusi yang sangat tepat supaya bola basket tersebut tidak direbut oleh musuh, karena setiap pemain bola basket semuanya tidak dapat memaksakan diri secara terus menerus menggiring bola dalam kondisi yang salat sulit untuk melewati penjagaan dari musuh.

B. Baseball Pass

teknik dasar permainan bola basket
basketsmkn1cibadak.wordpress.com

Teknik passing ini diberi sebutan nama baseball pass, mengapa? Karena gaya dari cara melempar bola nya sama seperti melakukan lemparan pada bola baseball. Lemparan bola dilakukan dengan memakai tenaga yang lumayan cukup kuat dan cukup menggunakan satu tangan saja.

Teknik passing seperti ini kerap sekali dipakai untuk menipu musuh dengan lemparan yang sangat mengejutkan sekali dan lemparan yang tak terduga.

Dalam permainan basket banyak sekali pemain-pemainnya yang menggunakan teknik passing seperti ini, yaitu melakukan gerakan tipuan berupa lompatan yang tinggi seakan-akan ingin memasukkan bola basket kedalam ring lawan dan ternya bola basket tersebut tidak dimasukkan kedalam ring, tetapi di passingkan kepada teman satu team yang memiliki posisi yang lebih bagus dan enak.

C. Chest Pass

teknik dasar permainan bola basket
expect-a-change.weebly.com

Teknik passing seperti ini dilakukan pada posisi bola tepat didepan dada, teknik passing seperti ini biasanya memakai lemaran oleh kedua tangan dengan bertujuan untuk melakukan operan lurus terhadap rekan satu team.

Teknik passing yang satu ini merupakan salah satu teknik dasar permaianan bola basket yang sangat sederhana sekali dengan menggunakan tingkatan akurasi yang paling tinggi ketika sedang melakukan unoab kurus kepada rekan-rekan satu team.

Ketiika akan mengumpan bola, diusahakan tidak untuk melihat teman yang ada disekitarmu, karena hal tersebut dapat membuat musuh menjadi lebih mudah untuk membaca pergerakan-pergerakan permainan kita.

D. Bounce Pass

teknik permainan bola basket
expect-a-change.weebly.com

Teknik passing seperti ini yang sering digunakan dengan cara memantulkan bola basket kebawah lalu diterima oleh salah satu teman satu team, sebenernya teknik passing seperti ini kegunaannya untuk menghindari dari serangan musuh yang hendak mengambil atau merebut bola dari genggaman kita.

Kelebihan dari teknik passing ini, kalian dapat mengecoh lawan dengan umpan pantulan bola, tetapi teknik passing seperti ini mempunyai kelemahan apabila dibandingkan dengan teknik umpan Chest Pass, yaitu teknik passing seperti ini tidak bisa melakukan umpan dengan jarak jauh, karena laju dari bola tersebut tidak secepat dari teknik chest pass dan sangat susah sekali untuk membuat pantulan-pantulan hingga jarak jauh.

E. Hook Pass

teknik dasar permainan bola basket
fansided.com

Teknik passing bola basket yang digunakan dengan satu tangan yang membentuk seperti pancing/kait (Pancing, kait). Lekukan pada lengan kalian keatas dan melewatu bahu kalian, kalian harus melepaskan bola dihadapan wajah kalian untuk melakukan umpanan datar, atau bisa lebih jauh menuju bahu kalian untuk umpanan yang lebih tinggi lagi.

Teknik passing bola basket seperti ini biasanya dipakai juka kalian menjumpai musuh kalian yang memberikan pertahanan yang mencegah/mengahadang, misalnya seperti terdapat dua orang defender yang menghalangi kalian.

Teknik passing bola basket seperti ini dapat dipakai jika pihak musuh memotong sudut, yang mana kalian harus melakukan operan langsung/direct passing kepada rekan satu tim kalian.

F. Under pass

teknik dasar permainan bola basket
suherlin.com

Teknik passing didalam permainan bola basket seperti ini digunakan dari bagian bawah/pinggang degan bola yang sudah diarahkan secara lurus ke rekan satu team, teknik passing under pass ini dapat diterapkan ketika kalian ingin membuat operan jarak dekat/pendek.

Teknik passing seperti ini sudah terbilang aman oleh orang-orang, tetapi meskipun teknik ini sudah terbilang aman, kalian juga perlu yang namanya hati-hati karena bisa saja musuh kalian itu dapat memotong teknik umpan tersebut dengan

Teknik passing yang dilakukan dari bawah atau lebih tepatnya se-pinggang dengan bola diarahkan secara lurus ke teman yang masih satu tim, teknik ini bisa diterapkan ketika ingin melakukan operan jarak pendek. Teknik ini terbilang aman namun kamu harus hati-hati karena lawan kamu bisa memotongnya sewak

3. Teknik Pivot dalam Permainan Bola Basket

teknik dasar permainan bola basket
tutorialolahraga.com

Pivot, pivot adalah tumpuan, teknik pivot didalam bola basket ini biasanya dipakai untuk melakukan gerakan tipuan yaitu dengan cara menggerakkan anggota badan dengan tumpuan salah satu kaki dengan kedua tangan yang melindungi bola dari serangan musuh.

Peraturan dalam menggunakan pivot ini tidak boleh menggeser kaki yang menjadi tumpuan ketika memutarkan badan, dan usahakan kalian menentukan kaki yang kuat untuk dijadikan tumpuan ketika kamu memutarkan badan untuk melakukan gerakan tipuan.

Selain itu, kalian dapat menggerakkan kaki yang lain dengan syarat lain kalian tidak boleh menggeser kaki yang dijadikan tumpuan itu.

4. Teknik Shooting Bola Basket

teknik dasar permainan bola basket
edukasicenter.blogspot.co.id

Didalam permainan bola basket tentu saja kamu membutuhkan yang namanya shooting bola/disebut dengan tembakan langsung ke dalam ring lawan untuk mencetak poin. Teknik shooting ini merupakan salah satu teknik dasar permainan bola basket yang harus kalian kuasai agar bisa mendapatkan poin.

Untuk melakukan shooting ini terdapat banyak cara, berikut inilah cara-cara dalam melakukan shooting pada bola:

  • Menembak bola dengan melakukan teknik lay up.
  • Menembak bola dengan menggunakan teknik jum shoot.
  • Menembak bola dengan menggunakan teknik set shoot (Dengan dua tangan)
  • Menembak bola dengan menggunakan teknik set shoot (Dengan satu tangan)

5. Teknik Rebound dalam Basket

teknik dasar permainan bola basket
basketballstc.blogspot.co.id

Teknik rebound dalam permainan bola basket ini merupakan salah satu teknik dasar yang dapat membuat tambahan skor dari lemparan bola teman satu team yang gagal dalam memasukkan nya kedalam ring.

Dari para pelatih-pelatih basket yang handal pun banyak yang mengatakan bahwa teknik rebound ini merupakan suatu hal paling penting yang bisa memberikan team kalian kemenangan dalam memainkan permainan bola basket.

Teknik rebound adalah teknik pengambilan bola basket yang gagal dimasukkan kedalam ring, teknik rebound bola basket ini terbagi menjadi 2 jenis rebound yaitu rebound defensif dan rebound ofensif.

Arti dari rebound ofensif adalah lemparan bola basket yang gagal didalam satu team dan diambil oleh teman yang masih satu team lalu mencoba untuk memasukkan bola basket lagi kedalam ring musuh, dan apabila bola tersebut masuk kedalam ring maka team kalian akan mendapatkan 2 poin.

Sedangkan arti dari defensif rebound ialah teknik merebut atau mengambil bola basket yang gagal dimasukkan kedalam ring oleh pihak musuh supaya tidak ada lagi usaha untuk lawan memasukkan bola basket kedalam ring.

Teknik-teknik ini harus bis dikuasai, karena dengan kita menguasai teknik-teknik rebound ini dapat menyelamatkan team kalian dari kekalahan dalam permainan bola basket dan memiliki peluan untuk melakukan counter attack.

Cara Bermain Bola Basket

teknik dasar permainan bola basket
bizwebmedia.net

Permainan bola basket ini selain dari teknik permainan bola basket saja, olahraga basket atau permainan bola basket ini memiliki tata cara bermain bola basket dengan benar, yang perlu kalian ketahui bahwa cara bermain bola basket ini sangat penting sekali ketika permainan dimulai.

Maka dari itu kami akan membahas bagaimana tentang cara bermain bola basket yang baik dan benar, dan pembahasan ini sangat bermanfaat sekali untuk kalian semua yang baru mengenal permainan bola basket ini. Yuk langsung saja simak ulasan yang telah tertulis dibawah ini.

  1. Pertama-tama kalian harus bisa yang namanya menggiring bola basket yang benar dan baik.
  2. Kalian harus bisa yang namanya Shooting bola basket kedalam ring lawan dan memasukannya.
  3. Kalian juga harus bisa menguasai teknik pasing bola basket yang baik dan benar.
  4. Kalian juga harus bisa yang namanya menahan dari serangan lawan yang ingin memasukan bola ke dalam ring kalian.
  5. Cara permainan inilah menjadi salah satu cara permainan yang paling penting ketika permainan bola basket dimulai, yakni harus bisa meningkatkan kerja sama tim dengan baik dan tidak ada kata dari egois.

Peraturan Bola Basket

teknik dasar permainan bola basket
kliping.co

Bola basket adalah salah satu olahraga yang mempunyai teknik dasar bola basket dan peraturan-peraturan permainan bola basket yang bisa dikatan peraturan yang paling ketat. Olahraga yang membolehkan banyak kontak fisik ini mempunyai peraturan yang sudah diciptakan oleh FIBA yaitu asosiasi basket di seluruh dunia.

FIBA mempunyai buku panduan atau arahan penting yang mana buku panduan tersebut berisi mengenai peraturan-peraturan permainan bola basket yang bisa kalian cari dan download via website yang menyediakan. Buku panduan tersebut tebal nya sampai 86 halaman dan buku itu lengkap dengan peraturan FIBA terkini dan terbaru.

Dibawah ini adalah peraturan-peraturan dasar tentang permainan bola basket yang bisa kalian terapkan dalam permainan bola basket tersebut:

Jumlah Pemain Bola Basket

teknik dasar permainan bola basket
tribunnews.com

Jumlah pemain didalam bola basket ini masing-masing regu atau timnya ialah 5 orang pemain dan 5 orang cadangan sebagai pengganti pemain inti dari regu atau tim tersebut. Sedangkan dengan jumlah wasit dalam permainan bola basket ini hanya 2 orang saja.

Wasit utama disebut dengan sebutan Referee sedangkan dengan wasit yang kedua disebut dengan sebutan Umpire.

Jumlah Waktu dalam Permainan Bola Basket

teknik dasar permainan bola basket
zone2net.wordpress.com

Waktu didalam permainan basket ini ialah 4 x 10 menit itupun menurut dari peraturan FIBA. Akan tetapi menurut peraturan dari NBA waktu bermain bola basket ini ialah 4 x 12 menit setiap babak pertama, kedua, ketiga dan pada babak ke empat diberi waktu untuk beristirahat selama 10 menit.

Apabia didalam pertandingan basket itu terjadiya nilai skor yag sama, maka di akhir pertandingan harus diakannya yang namanya perpanjangan waktu hingga terjadinya silih skor diantara dua tim tersebut. Diantara dua babak tambahan para pemain bola basket juga diberi kesempatan untuk istirahat selama 2 menit.

Traveling/Walking

teknik dasar permainan bola basket
columbiaspectator.com

Biasanya pelanggaran seperti ini sering terjadi ketika berlangsung nya permainan basket didalam pertandingan, dan pelanggaran ini terjadi dikarenakan dari pemain basket yang membawa bola basket tanpa dribble melebihi dari 2 langkah gerakan kaki.

Double

teknik dasar permainan bola basket
media.jrn.com

Pelanggaran seperti double ini sering terjadi didalam permainan bola basket karena pemain basket mendribble kembali bola basket ketika sudah berhenti mendrible.

________________________________________________

Demikian tulisan diatas ini membahas tentang teknik dasar permainan bola basket, cara bermain bola basket dan peraturan bola basket yang bisa kalian pelajari lagi bersama teman-teman kalian dirumah, dengan melakukan latihan basket secara teratur atau rutin tentu saja kalian dapat bermain bola basket lebih baik lagi dari biasanya dan dapat mengembangkan bakat kalian sebagai pemain bola basket yang profesional.

Jangan lupa share biar lebih bermnafaat lagi untuk orang banyak. Terimakasih 🙂

Tinggalkan komentar