Teknik Dasar Sepak Bola yang Perlu Kalian Kuasai [Lengkap Penjelasan]

TEKNIK DASAR SEPAK BOLA – Seperti apa Teknik Dasar Sepak Bola yang baik dan benar itu? Sebelum kita memasuki kedalam pembahasan utama, alangkah baiknya jikalau kita membaca sedikit penjelasan seputar teknik dasar sepak bola.

Seperti yang telah kita pahami sebelumnya, bahwa sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang sering mengandalkan yang namanya kemampuan, mengandalkan kecepatan, dan juga mengandalkan strategi ketika berlangsungnya permainan bola itu dimulai.

Supaya dapat memainkan permainan sepak bola dengan baik dan juga sesuai dengan ketentuan yang ada, kalian semua patut bahkan wajib untuk menguasai atau memahami teknik-teknik dari teknik dasar sepakbola.

Didalam permainan sepak bola ini apabila kalian hanya mengandalkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh tubuh kalian, dan juga kecepatan-kecepatan yang dimiliki oleh diri kalian tanpa sesekali untuk mempelajari dan memahami bagaimana teknik dasar sepak bola yang baik dan benar, maka kalian akan kesulitan ketika memainkannya.

Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan mengulas secara detail tentang teknik dasar sepak bola dan juga diiringi dengan berbagai macam penjelasan yang juga akan dijelaskan secara detail dan juga lengkap supaya kalian semua ini akan menjadi pemain sepak bola yang bagus dan handal.

Baiklah, dibawah ini akan ada beberapa penjelasan mengenai teknik dasar sepak bola yang memang harus kalian kuasai dan juga pahami guna untuk bisa menjadikan diri kalian menjadi salah satu pemain sepak bola yang hebat  dan juga handal.

Teknik Dasar Sepak Bola yang Harus Kalian Pelajari

teknik dasar sepak bola
kompasiana.com

Ketika kita ingin menjadi salah satu pemain sepak bola yang handal, maka sebelum menjadi pemain sepak bola yang handal hendaknya diri kita ini mempelajari dan juga memahami seperti apa teknik dasar sepak bola yang baik dan benar itu.

Berikut dibawah ini teknik dasar sepak bola yang harus kalian kuasai:

  • Dribbling (Menggiring Bola, adalah teknik dasar dalam permainan sepak bola guna mendekati jarak ke target yang akan dituju, melewati lawan-lawan yang menghadang, dan juga teknik dribbling ini untuk menghambat berlangsungnya permainan.
  • Kicking (Menendang Bola), adalah teknik dasar dalam permainan bola yang berguna untuk menendang bola ke arah gawang lawan dari team kita.
  • Passing (Mengoper Bola), adalah teknik dasar dalam permainan bola yang digunakan dan juga dituju untuk mengoper atau mengumpan bola ke teman yang berada didalam tim.
  • Stopping (Menghentikan Bola), adalah teknik dasar dalam permainan bola yang dipakai untuk menghadang bola atau memberhentikan bola yang telah ditendang oleh lawan dari team yang ingin menendang ke arah gawang atau pun menendang bola untuk mengumpan kepada rekannya.
  • Heading (Menyundul Bola), adalah teknik dasar dalam permainan bola yang digunakan untuk menerima adanya operan bola dari teman yang melambung tinggi di udara.
  • Intercepting (Merebut Bola), adalah teknik dasar dalam permainan bola yang digunakan untuk merebut atau mengambil alih bola yang berada di kaki lawan.
  • Sliding Tackle (Menyapu Bola), adalah teknik dasar dalam permainan bola yang digunakan untuk merampas bola dengan cara men-sliding pemain dari tim musuh kita.
  • Trown In (Lemparan bola ke Dalam), adalah teknik dasar dalam permainan bola ketika bola keluar dari garis lapangan atau biasa juga disebut dengan sebutan “out”.
  • Goal Keeping (Menangkap Bola), adalah teknik dasar dalam permainan bola yang digunakan untuk melindungi gawang supaya tidak kemasukan atau kebobolan oleh musuh atau lawan dari tim kita.

Nah, diatas inilah teknik-teknik dasar sepak bola yang harus kalian pelajari, jikalau kalian masih merasa bingung atau masih merasa kurang jelas dengan penjelasan diatas, jangan bersedih. Karena dibawah ini akan kami jelaskan atau bahas lebih lengkap lagi langkah-langkah ketika mengerjakan teknik dasar sepak bola yang telah dijelaskan diatas.

1. Teknik Dasar Sepak Bola dalam Menggiring Bola

teknik dasar sepak bola
merdeka.com

Sama dengan namanya, teknik menggiring bola ini dikerjakan oleh organ tubuh bagian dalam kaki selaku titik tersentuhnya kaki dengan bola ketika sedang menggiring atau membawa bola.

Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah atau tahapan dalam menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam yang perlu kalian pelajari dan praktekkan langsung di lapangan.

Sifat awal:

  • Sifat awal ialah berdiri tegak lalu menghadapkan diri ke arah gerakan dengan pandangan tetap lurus dan fokus kedepan.
  • Biarkan tangan kita berada didalam keadaan rileks dan ditetapkan pada samping badan kita.
  • Sementara bagian pergelangan kaki kita diputar keluar lalu dikunci.

Gerakan dalam menggiring atau membawa Bola:

  • Ayunkan atau dorong bola dengan memakai kaki pada bagian dalam ke arah depan yang diiringi dengan posisi kaki agak sedikit dibuka, serta kaki yang memijak ke tanah pun ikut bergerak.
  • Bola yang diayun-ayun atau didorong oleh kaki bagian dalam akan bergerak ke depan dan bergulir di tanah.

Sifat akhir:

  • Menghentikan atau menyetop bola dengan memakai telapak kaki pada bagian atas bola.
  • Berat badan dipijakkan pada kaki yang tidak dipakai untuk membawa bola.
  • Pandangan mata tetap fokus pada satu sasaran saja, yakni fokus untuk tetap melihat ke depan.

Teknik Dasar Sepak Bola dalam Menggiring Bola dengan Menggunakan Kaki Bagian Luar

teknik dasar sepak bola
indosport.com

Menggiring atau membawa bola memakai kaki pada bagian luarnya pada dasarnya sama saja cara penggunaannya dengan gerakan-gerakan dasar dari menggiring bola yang menggunakan kaki pada bagian dalam.

Lantas apakah ada perbedaan antara menggiring kaki bagian dalam dan luar?

Perbedaannya adalah hanya pada bagian titik perkenaan atau sentuhan kaki dengan bola. Berikut dibawah ini penjelasannya:

Sifat awal:

  • Gerakan-gerakan ini diawali dengan sifat berdiri tegap yang badan serta mata kita diarahkan untuk melihat ke depan.
  • Kedua tangan yang merupakan bagian dari organ tubuh kita diletakkan pada samping tubuh dengan bentuk posisi yang agak terentang.
  • Sementara pergelangan pada kaki kita diputar ke dalam lalu di kunci.

Gerakan membawa atau menggiring bola:

  • Doronglah bola tersebut dengan menggunakan kaki bagian luar ke arah depan ketika posisi sedikit agak terangkat dari permukaan tanah.
  • Beriringan dengan hal tersebut, kaki kamu yang dipijakkan ditanah pun ikut bergerak.
  • Seluruh berat badan ditumpukan pada kaki yang tidak dipakai untuk membawa atau menggiring bola.
  • Bola bergerak ke arah depan pada permukaan tanah dan tidak jauh dari kaki yang menggiringnya.

Sifat akhir:

  • Menyetop atau memberhentikan bola dengan memakai telapak kaki yang diletakkan pada bagian atas bola.
  • Kumpulkan berat badan pada kaki yang mana kaki tersebut tidak dipakai untuk membawa bola.
  • Mata tetap fokus memandang ke bagian depan.

Teknik Dasar Sepak Bola dalam Menggiring Bola dengan Menggunakan Punggung Kaki

teknik dasar sepak bola
keepsoh.com

Teknik pada bagian ketiga ini kita bisa membawa bola dengan memakai punggung kaki sebagai salah satu organ tubuh yang bisa dijadikan titik persentuhan bola.

Berikut dibawah ini cara menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki:

Sifat awal:

  • Sifat berdiri tegap dan menghadapkan diri kita kepada arah gerakan
  • Kedua lengan kita agak sedikit di terlentangkan dan juga di lemaskan (relax)
  • Mata tetap memandang ke arah depan.

Gerakan membawa atau menggiring bola:

  • Bola tetap didorong ke depan dengan memakai punggung kaki.
  • Pada bagian ujung kaki yang saling bersentuhan dengan bola harus menghadap ke permukaan tanah.
  • Bola berkerak ke depan diatas permukaan tanah.

Sifat akhir:

  • Menyetop atau memberhentikan bola dengan memakai telapak kaki yang diletakkan pada bagian atas bola.
  • Kumpulkan seluruh berat badan pada kaki yang tidak kita pakai untuk membawa bola.
  • Mata tetap fokus menatap ke depan.

Cara Tambahan Ketika Menggiring Bola

Ketika berlangsungnya permainan sepak bola, supaya kalian bisa menggiring bola dengan baik, maka dibawah ini akan ada beberapa cara tambahan yang patut kalian benar-benar perhatikan.

  1. Jangan terlalu kerap menggiring bola ketika posisi kalian sedang berada di sepertiga lapangan wilayah tim kalian. Akan tetapi kamu akan bisa lebih merasa puas ketika sedang menggiring bola di sepertiga lapangan lawan kalian.
  2. Dalam menggiring atau membawa bola, jikalau musumu terus membayang-bayangimu dari sisi (sampaing) disaat seperti itu sering sekali orang-orang menggunakan teknik turning (berbalik). Dikarenakan teknik turning itu seringkali dapat membantu kalian dalam membuat musuh menjadi tidak fokus (terkecoh).
  3. Ketika kalian sedang menggiring bola, namun tiba-tiba pada sudut pandang mata didepan itu  ada lawan yang sedang berlali untuk berusaha menghadang dan mengambil alih bola dari pijakan kakimu, alangkah baiknya kalian jangan terlalu merasa terburu-buru untuk mengumpankan bolanya pada teman satu timmu, meskipun pada kenyatannya jarakmu dengan jarak lawanmu masih jauh. Namun giring terlebih dahulu bola tersebut hingga mendakati lawan yang akan menghadangmu, dan ketika sudah mendekati pemain dari lawanmu maka umpankanlah bola itu kepada temanmu, sehingga pemain dari lawan itu akan terlambat untuk menghadang dan merebut bola dari kakimu.
  4. Dalam menggiring bola, jikalau pemain dari tim lawan berusaha menghadang maka bola yang sedang kalian giring operkan kepada teman kalian atau bisa juga dengan cara terus menggiring bola sampai pada akhirnya melewati lawan yang menghadang kalian.
  5. Menggiring atau membawa bola ini dapat kita lakukan kemana saja arah yang ingin kita tuju, begitu juga kearah belakang jikalau memang arah belakang itu dibutuhkan. Contoh kecil misalnya berputar kembali ke arah belakang untuk mencari dan juga membuat gabungan yang baik dengan rekan-rekan yang ada didalam tim.
  6. Jikalau teman kalian sedang menggiring atau membawa bola merasa kesulitan, maka tugas yang harus kalian lakukan ialah cepat menghampirinya dan menolong teman kalian dengan cara menggantikan posisi yang tepat untuk bisa diberi umpan.
  7. Ada beberapa pemain yang baik dan bagus ketika menggiring bola maka disarankan mereka ini untuk diletakkan posisinya di bagian sayap depang, dengan tujuan bisa membuat sibuk pemain lawan hingga terpancing ke pinggir lapangan, sehingga disaat seperti itu terwujudlah ruang longgar didalam lapangan.

Sebenarnya masih banyak teknik-teknik menggiring bola yang dapat dipakai untuk melewati lawan, yang sifatnya ialah untuk membuat lawan mati langkah, menyusahkan lawan dalam pergerakan ketika hendak mengambil bola dari kita, kehilangan keseimbangan atau salah santisipasi.

Diantara dari teknik-teknik tersebut ialah matthews move, scissors move, step over, cruvy move, numeg move, fake kick, spin move, sombrero move dan elastico move.

Supaya lebih jelasnya lagi kalian bisa langsung saja menonton vidio tentang cara melatih kelincahan kaki, menggiring (dribbling) bola, skills yang baik dan benar. Monggo bisa langsung di tonton vidio yang ada dibawah ini:

Vidio Cara Melatih Kelincahaan Kaki dan Menggiring Bola

2. Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Menendang Bola

teknik dasar sepak bola
bola.net

Umumnya ada 7 teknik dasar sepak bola dalam menendang bola. Ada sebagian dari teknik-teknik tersebut sering kita kerjakan ketika kita sedang menendang bola, akan tetapi sebagian dari teknik-teknik menendang bola lainnya memerlukan latihan tersendiri untuk menguasainya.

Berikut dibawah ini adalah7 teknik menendang bola yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah:

  • Menendang bola dengan menggunakan sisi luar kaki
  • Menendang bola dengan menggunakan sisi dalam kaki
  • Menendang bola dengan menggunakan punggung sisi kaki
  • Menendang bola dengan menggunakan punggung kaki
  • Menendang bola dengan menggunakan tumit kaki
  • Menendang bola dengan menggunakan ujung kaki.

Namun, dalam artikel ini hanya membahas mengenai teknik dasar sepak bola, maka dari itu kami akan hanya menjelaskan beberapa bagian saja. Dibawah ini kami akan menjelaskan 3 bagian saja, yaitu teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan menggunakan bagian punggung kaki.

Berikut dibawah ini ulasan serta langkah-langkah dari teknik dasar menendang bola yang sesuai dengan keadaan yang harus kalian kuasai untuk bisa menjadi salah satu pemain sepak bola yang bagus dan juga handal.

Teknik Dasar Sepak Bola ketika Menendang Bola dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam

teknik dasar sepak bola
olahraga.pro

Berikut ini langkah-langkah dari teknik dasar menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam:

  • Berdiri tegak dengan tubuh menghadap ke arah bola yang akan ditendang.
  • Tepatkan posisi kaki kirimu berpijak di samping bola dengan posisi lutut agak sedikit tertekuk.
  • Pastikan juga tubuh kalian agak sedikit cenderung ke belakang.
  • Untuk keseimbangan yang bagus, maka dianjurkan untuk menekukkan kedua lengan yang berada di samping badan.
  • Tetap fokus kepada bola dan objek yang menjadi sasaran tendangan bolamu.
  • Lihatlah dan perhatikan bola tepat pada bagian tengahnya dan sesuaikan jaraknya dengan bagian dalam kaki.
  • Setelah itu, ayunkan kaki kanan kalian dari belakang hingga ke depan dan tendanglah bola tersebut dengan objek atau sasaran bola tepat berada di bagian samping.
  • Setelah selesai menendang bola, tumpukan berat badan kalian ke kaki sebelah kanan atau kaki yang biasa digunakan untuk menendang bola.
  • Berlabuh dengan baik yakni dengan cara mengutamakan kaki bagian kanan.

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Menendang Bola dengan Menggunakan Kaki Bagian Luar

teknik dasar sepak bola
njsuperskillssoccer.com

Berikut ini adalah langkah-langkah dari teknik dasar menendang bola dengan menggunakan kaki bagian sisi luar kaki, dan teknik ini dipakai untuk menendang dengan jarak tendangan yang lebih dekat.

Berikut dibawah ini langkah-langkah menendang bola dengan menggunakan kaki pada sisi bagian luarnya:

  • Sifat awal yang harus dilakukan ialah berdiri menghadap ke arah bola.
  • Kaki kiri atau kanan diletakkan tepat berada di samping bola yang akan ditendang.
  • Kedua buah tangan dirilekskan demi menjaga keseimbangan pada tubuh.
  • Kaki kiri atau kanan yang akan dipakai untuk menendang bola agak sedikit diputar menjadi ke dalam.
  • Mata tetap fokus kepada bola dan objek yang akan dituju.
  • Ayunkan kaki yang dipakai untuk menendang bola dari arah belakang hingga ke arah depan.
  • Kaki bagian luar harus dikenakan atau tersentuh dengan bola.
  • Lalu, geserkan berat badan ke bagian depan tubuh.

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Menendang Bola dengan Menggunakan Bagian Punggung Kaki

teknik dasar sepak bola
anggaputra.com

Menendang bola dengan menggunakan kaki bagian punggung ini hanya digunakan apabila jarak tempuh tendangan itu jauh.

Berikut dibawah ini langkah-langkah menendang bola dengan menggunakan kaki bagian punggung yang perlu kalian ketahui dan pelajari:

  • Tubuh berdiri tegap menghadapkan diri ke hadapan bola.
  • Kaki kiri atau kanan yang biasa dipakai untuk menendang bola diletakkan pada bagian samping bola dengan agak sedikit lutut yang menekuk.
  • Kedua tangan harus dirileks agar tubuh seimbang.
  • Mata tetap fokus memandang ke arah bola dan objek yang akan dituju.
  • Pergelangan kaki yang akan dipakai untuk menendang bola agak ditekuk ke bawah.
  • Ketika menendang, maka lutut agak sedikit di tekukkan ke depan untuk menendang dan kemudian ayunkan kaki yang akan dipakai untuk menendang dari arah belakang hingga ke depan ke arah bola, lalu sentuhkan kaki kepada bola pada bagian belakang.
  • Setelah selesai menandang maka tumpukan berat badan ke bagian depan.

3. Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Passing/Mengumpan Bola

teknik dasar sepak bola
arahbola.org

Memahami dan menguasai teknik dasar sepak bola merupakan bagian yang harus kalian kuasai jikalau kalian semua menginginkan menjadi salah satu pemain sepak bola yang handal. Begitu juga dengan menguasai teknik mengumpan atau mengoper bola yang benar harus kalian kuasai.

Kenapa? Karena, teknik mengumpan bola merupakan salah satu bagian dari teknik dasar sepak bola yang diwajibkan dipahami serta dikuasai oleh setiap pemain bola.

Jikalau teknik passing atau mengoper bola ini tidak bisa kalian kuasai, maka sama saja kalian tidak dapat bermain sepak bola dengan baik apalagi untuk menjadi salah satu pemain sepak bola yang handal. Karena untuk menjadi salah satu pemain sepak bola yang handal ini harus menguasai seluruh teknik dasar sepak bola, diantaranya ya ini menguasai teknik mengumpan bola yang baik dan benar.

Kenapa sih kita harus menguasai teknik umpan atau passing bola? Karena, teknik umpan ini bisa dibilang sebagai teknik dasar sepak bola yang efektif dibandingkan dengan teknik menggiring bola.

Berikut dibawah ini ialah langkah-langkah teknik mengumpan bola yang didasari dari bagian kaki yang biasa digunakan:

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Mengumpan dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Mengumpan bola atau mengoper bola dengan memakai kaki bagian dalam banyak sekali yang memanfaatkannya, karena mengoper bola dengan menggunakan kaki bagian dalam ini dilakukan untuk memberikan bola jarak pendek antara satu pemain dengan pemain-pemain bola lainnya.

Sifat awal :

  • Dimulai dengan berdiri tegak menghadap kepada arah gerak.
  • Letakkan kaki yang menjadi tumpuan disamping bola dengan lutut aga sedikit ditekukkan serta bahu menghadap ke arah gerakan.
  • Letakkan lengan di bagian samping badan yang posisinya agak terlentang.
  • Pergelangan kaki yang akan dipakai untuk mengumpan bola diputar keluar dan kemudian di kunci.
  • Pandangan mata fokus kepada bola.

Gerakan mengoper bola :

  • Memperhatikan segala kesiapan teman yang akan kita berikan bola kepadanya.
  • Tarik kaki kebelakang yang akan dipakai untuk menendang bola, setelah itu ayunkan kaki tersebut ke depan ke arah bola.
  • Tendang bagian tengah bola dengan menggunakan kaki bagian dalam.

Sifat akhir :

  • Pindahkan berat badan kepada kaki yang ditumpukan didepan bersamaan dengan kaki yang dipakai untuk menendang bola.
  • Pandangan mata tetap fokus ke depan.

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Mengumpan dengan Menggunakan Kaki Bagian Luar

Sikap awal:

  • Dimulai dengan berdiri tegak dan menghadapkan diri ke arah gerakan bola.
  • Letakkan kaki yang menjadi tumpuan disamping bola.
  • Posisi kedua lengan diletakkan tepat di samping badan dengan posisi agak sedikit terlentang.
  • Pergelangan kaki yang akan dipakai untuk menendang bola maka diputar dan kemudian dikunci.
  • Pandangan mata tetap fokus kepada bola.

Gerakan mengoper bola :

  • Memperhatikan kesiapan teman kita apakah dia telah siap atau belum untuk menerima umpanan bola dari kita.
  • Menarik kaki ke belakang dan mengayunkan kaki itu kedepan ke arah bola dan beriringan dengan kaki yang diputar ke arah dalam.
  • Sentuhkan kaki bagian luar dengan bola tepat pada bagian tengah-tengah bola.

Sifat akhir :

  • Berikan berat badan ke depan beriringan dengan kaki yang dipakai untuk menendang lalu diletakkan di depan.
  • Mata tetap fokus memandang ke arah depan.

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Mengumpan dengan Menggunakan Kaki Bagian Punggung

Mengoper bola dengan memakai punggung kaki ini banyak sekali dipakai untuk memberikan bola yang jaraknya bisa terbilang cukup jauh dari jarak pemain satu dengan pemain-pemain bola lainnya, dan juga bola tersebut ditendang agak sedikit menggunakan tenaga, sehingga bola itut bisa melambung jauh ketempat pemain yang dituju.

Adapun yang membedakan mengumpan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam ini ialah bersentuhannya kaki bagian dalam dengan bola yang akan ditendang.

Langkah awal :

  • Berdiri dengan tegak dan menghadapkan diri ke arah gerakan.
  • Meletakkan kaki pada tumpuan disamping bola dengan pandangan lutut agak sedikit menekuk dan bahu menghadap ke arah gerakan.
  • Meletakkan kedua tangan tepat disamping tubuh dan posisinya agak sedikit terlentang.
  • Pergelangan kaki yang akan digunakan menendang bola maka agak sedikit ditarik ke belakang dan kemudian diayunkan ke depan menuju arah bola.
  • Mata harus tetap fokus kepada bola.

Langkah gerakan mengoper bola :

  • Sebelum mengoper atau mengumpan bola selalu memperhatikan kesiapan pada teman kita, apakah dia udah siap untuk kita berikan bola atau belum.
  • Menarik kaki yang akan dipakai untuk menendang bola kebelakang dan kemudian mengayunkan kaki ke arah depan tepat menuju ke arah bola yang akan ditendang.
  • Sentuhkan kaki tepat pada tengah-tengah bola.

Langkah akhir :

  • Membawa berat badan ke depan beriringan dengan kaki yang akan digunakan untuk menendang bola diletakkan di depan.
  • Pandangan mata tetap fokus ke depan.

Patut kita perhatikan juga bahwa setiap orang yang menggiring bola yang baik ini selalu mengoperkan bolanya kepada rekan satu timnya sebelum ia kehabisan langkah untuk menerobos ke wilayah lawan. Maka untuk kalian ketika membawa bola jangan menunggu mentok baru mengoperkan bolanya kepada teman kalian.

Kenapa seperti itu? Karena jikalau posisi kalian sudah mentok dan bingung untuk berbuat apa, maka bola yang kalian umpankan kepada teman kalian maka tidak akan mendarat dengan sempurna (operan yang tidak enak).

Dibawah inilah terdapat beberapa kesalahan ketika mengumpan bola yang harus kita hindari :

  • Pergerakan bola tidak sama dengan jarak umpanan.
  • Operan bola yang tidak tepat/akurat.
  • Mengoper bola sedangkan ketika itu keadaan harus menembakkan bola ke gawang.
  • Mengontrol atau menahan bola kurang begitu maksimal.

Mengoper bola tidak harus tepat kepada orang yang dituju. Misalkan contohnya seperti berada dalam kondisi seperti ini:

  • Apabila teman kita sedang berlari-lari di lapangan, tentunya kita harus memberikan umpan ketika didepannya terdapat ruang kosong dan ada kesempatan untuk menerima umpanan bola dari kita.
  • Jikalau kita menginginkan teman kita bergerak ke depan dalam kurun waktu yang lebih cepat, maka kita memberikan umpanan bola kepada mereka dengan catatan dihadapan mereka harus ada ruang kosong, sehingga mereka bisa berlari lebih cepat untuk mengejar dan mendapatkan umpanan bola dari kita.
  • Ketika sedang melakukan umpan terobosan.

Menerima umpanan bola tidak harus selalu memberhentikannya, Namun bisa juga kita terima dengan …

  • Langsung mengarahkan kepada teman.
  • Diarahkan ke arah kita, sehingga kita akan terus berlari dan akan sedikit menghemat waktu.
  • Diarahkan bola tersebut ke tempat kosong yang mana tempat tersebut jauh dari lawan untuk mengurangi cengkraman pada diri kita.

Dalam teknik dasar sepak bola, passing bola itu terbagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya ialah :

  • Wall pass (umpan 1-2)
  • Through pass ( umpan terobosan)
  • Crossing ( umpan silang)
  • Umpan diagonal.

Itulah penjelasan lengkap mengenai teknik dasar sepak bola yang membahas tentang teknik passing/mengumpan dan dilengkapi dengan cara-cara pengunannya.

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Menghentikan Bola

teknik dasar sepak bola
merdeka.com

Mengehentikan atau memberhentikan bola merupakan salah satu teknik dasar sepak bola yang cara pemakainnya beriringan dengan teknik menendang bola.

Tujuan utama dari memberhentikan bola itu ialah tak lain untuk mengontrol bola yang didalamnya juga adalah untuk mengelola tempo permainan bola, menggerakan majunya permainan, dan juga memberikan kemudahan untuk seseorang yang hendak melakukan passing bola.

Berikut dibawah ini terdapat beberapa cara untuk memberhentikan bola yang baik dan juga benar. Yakni dengan cara menggunakan kaki bagian dalam, luar, telapak kaki, punggung kaki, menggunakan dada, paha dan juga menggunakan perut.

Berikut inilah ulasan lengkap dan cara melaksanakannya :

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Menghentikan Bola dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Langkah awal :

  • Berawal dari menghadapkan diri kita kepada arah datangnya bola dan jangan lupa untuk selalu memfokuskan pandangan kita kedalam arah gerakan bola yang datang untuk menghampiri.
  • Memutar pergerlangan kaki yang mana pergelangan kaki tersebut akan dipakai untuk menahan bola yang datang,

Langkah gerakan untuk menghentikan bola :

  • Menjulurkan kaki yang akan dipakai untuk menahan bola kepada bola yang akan menghampiri.
  • Menarik kaki ke belakang dengan mengikuti arah dari gerakan bola ketika bola telah menyentuh kaki bagian dalam sampai bola benar-benar tertahan dan juga berhenti dihadapan kita.

Langkah akhir :

  • Menyodorkan berat badan pada tubuh ke bagian depan beriringan dengan kaki yang tidak dipakai untuk menahan bola apabila dijadikan sebuah tumpuan pada berat badan.
  • Mata tetap fokus untuk memandang ke arah depan.

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Menghentikan Bola dengan Menggunakan Kaki Bagian Luar

Berikut dibawah ini adalah teknik dasar sepak bola ketika menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian luar yang harus benar-benar kalian semua perhatikan baik-baik dan juga dipelajari dengan baik :

Langkah awal :

  • Berdiri tegak dengan menghadapkan diri kita kepada arah gerakan bola.
  • Meletakkan kaki pada tumpuan yang berada di samping bola.
  • Meletakkan kedua lengan kita tepat berada di samping tubuh kita dengan posisi yang agak sedikit terentang.
  • Untuk pergelangan kaki yang dipakai untuk menghentikan bola dianjurkan untuk diputar ke dalam dan kemudian langsung di kunci.
  • Mata harus tetap fokus kepada bola.

Langkah gerakan untuk menghentikan bola :

  • Menggerakan salah satu kaki yang mana kaki tersebut akan digunakan untuk menghentikan bola yang menghampiri atau bola yang melewat.
  • Sentuhkanlah kaki itu dengan bola tepat pada bagian tengah-tengah bola.

Langkah akhir :

  • Menyodorkan berat badan ke arah depan beriringan dengan kaki yang tidak dipakai menahan bola yang menjadikan tumpuan pada berat badan.
  • Pandangan mata harus tetap fokus ke depan.

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Menghentikan Bola dengan Menggunakan Kaki Bagian Punggung

Biasanya mengontrol atau menghentikan bola dengan menggunakan punggung kaki ini digunakan jikalau bola tersebut datang melambung dari udara. Berikut dibawah ini cara yang harus kalian lakukan ketika sedang menghentikan bola dengan menggunakan kaki pada bagian punggungnya. Diantaranya sebagai berikut:

  • Pemain bola harus bergegas untuk bergerak menghampiri bola.
  • Tepat berada dibawah bola yang sedang melambung tinggi di udara, kemudian mengangkat kaki ke depan dengan tujuan untuk menghentikan bola dengan kaki bagian punggungnya.
  • Menahan bola dengan memakai punggung  kaki harus ada sedikit sentuhan atau sedikit tarikan.
  • Menjatuhkan bola diantara kedua kaki kita.

Teknik Dasar Sepak Bola Ketika Menghentikan Bola dengan Menggunakan Telapak Kaki

Sebelum menghentikan atau mengontrol bola dengan telapak kaki, maka ketika itu pemain bola harus menunggu datangnya bola yang menghampiri. Ketika bola telah datang kepada pemain, maka pemain tersebut harus menyongsong dengan telapak kaki terbuka, lalu telapak kaki tersebut agak sedikit ditarik belakang tepat beriringan dengan kedatangan bola tersebut.

Satu pemikiran pada “Teknik Dasar Sepak Bola yang Perlu Kalian Kuasai [Lengkap Penjelasan]

Tinggalkan komentar