Contoh Teks Deskripsi | Tujuan, Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Lengkap dengan Strukturnya

CONTOH TEKS DESKRIPSI – Halo teman-teman kita bertemu lagi dengan Baabun, pada kesempatan kali ini Baabun akan membahas dan menjelaskan tentang teks deskripsi, contoh teks deskripsi, pengertian teks deskripsi, tujuan dari teks deskripsi, ciri-ciri teks deskripsi, dan juga akan dilengkapi dengan struktur-strukturnya.

Teks deskripsi ialah suatu teks yang menjelaskan atau menjabarkan suatu sasaran melewati kata-kata yang bisa merangsang atau mendatangkan panca indera, sehingga para pembaca seolah-olah merasakan atau menyaksikan sendiri mengenai sasaran yang di deskripsikan oleh si penulis.

Bagian-bagian yang dijelaskan dapat berwujud seperti situasi atau keadaan, karakteristik, dan perasaan atau sifat yang dimiliki oleh sasaran tersebut.

Kita sebagai penduduk Negara Indonesia harus dan juga wajib untuk mempelajari Bahasa Indonesia lebih dalam lagi, karena Bahasa Indonesia ini merupakan Bahasa Negara yang akurat dan benar. Di dalam pelajaran Bahasa Indonesia ini ada banyak jenis-jenis pelajaran yang bisa kalian pelajari, salah satunya seperti teks deskripsi.

Mungkin teks deskripsi ini sudah tidak asing lagi bagi kalian, namun apakah kalian mengetahui apa itu teks deskripsi? Jikalau belum tau dan juga belum paham, kalian bisa saja langsung untuk mempelajari teks deskripsi lebih dalam lagi guna untuk mengetahui apa itu teks deskripsi.

Berikut dibawah ini akan ada pembahasan mengenai Teks Deskripsi, Contoh Teks Deskripsi, Tujuan Teks Deskripsi, Ciri-Ciri Teks Deskripsi, dan juga pembahasan mengenai Teks Deskripsi. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini.

Apa Itu Teks Deskripsi?

teks deskripsi
materi4belajar.blogspot.co.id

Teks Deskripsi ialah salah satu tipe atau jenis teks yang umumnya dibahas dan dipelajari didalam pelajaran Bahasa Indonesia. Teks Deskripsi sendiri ialah sebuah paragraf yang didalamnya berisikan mengenai penjelasan-penjelasan tentang suatu sasaran, tempat dan hal-hal lain sebagainya setara dengan apa yang akan diberikan untuk para pembaca.

Adanya persoalan ini bertujuan supaya para pembaca dapat mengetahui dan mengerti mengenai topik pembahasan yang sedang dijelaskan atau digambarkan didalam Teks Deskripsi tersebut secara detail (Jelas).

Tujuan dari Teks Deskripsi

teks deskripsi
lenterahidup.net

Teks deskripsi mempunyai tujuan, tujuannya yaitu untuk memberikan sebuah penjelasan secara keseluruhan atau utuh kepada para pembaca agar mereka bisa mengerti dan juga memahami mengenai apa yang lagi dibicarakan dengan detail, mungkin dalam persoalan yang berwujud fisik atau bentuk abstrak seperti halnya dengan sikap, rasa dan macam-macam lainnya.

Teks deskripsi ialah hasil dari penglihatan atau pengamatan, maka dari itu informasi-informasi yang dipakai untuk menjelaskan suatu benda atau sasaran harus detail (Jelas), setara dengan data dan juga kenyataan yang terdapat pada sasaran tersebut.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

teks deskripsi
pixabay.com

Selain mempunyai tujuan, teks deskripsi juga memiliki ciri-ciri yang bisa memberi kemudahan untuk kita dalam mengetahui atau memahami jenis atau ciri-ciri dari teks deskripsi. Sebenarnya apa saja sih ciri-ciri dari teks deskripsi ini? Berikut dibawah ini ialah akan ada pembahasan mengenai ciri-ciri teks deskripsi, diantaranya ialah:

  • Menjelaskan, menggambarkan atau menjabarkan mengenai suatu sasaran seperti benda-benda, suasana atau tempat-tempat tertentu.
  • Mengaitkan atau membawa-bawa panca indera seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan yang terakhir ialah perabaan.
  • Menjelaskan atau menggambarkan ciri-ciri dari fisik dan juga sifat pada sasaran tertentu, seperti halnya dengan bentuk, ukuran, warna dan kepribadian dengan jelas serta mendalam.
  • Banyak dijumpai frasa atau kata-kata yang mengandung makna kata sifat atau keadaan.

Demikianlah ciri-ciri dari teks deskripsi, mudah-mudahan dengan adanya ciri-ciri teks deskripsi ini bisa membuat kalian untuk lebih mengenal lagi tentang teks deskripsi. Yuk, mari kita lanjutkan kepada pembahasan selanjutnya. Yakni kita akan membahas mengenai struktur teks deskripsi.

Struktur Teks Deskripsi

teks deskripsi
pixabay.com

Selain dari jenis, teks deskripsi juga mempunyai tiga bagian sebagai bahan struktur pembuatannya. Apa saja struktur-struktur dari teks deskripsi ini? Berikut dibawah ini ada 3 macam struktur teks deskripsi yang bisa kalian ketahui:

  • INDETIFIKASI, di bagian identifikasi ini berisikan tentang pemilihan dari identitas manusia, benda atau sasaran-saran lainnya.
  • KLASIFIKASI, ialah bagian penyusun yang beroperasi dalam suatu organisasi berdasarkan kaidah atau standar yang sebelumnya telah diterapkan dan ditetapkan.
  • BAGIAN DESKRIPSI, di bagian ini didalmnya berisikan tentang penjelasan-penjelasan atau gambaran mengenai suatu sasaran atau pembahasan yang ada didalam isi paragraf.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

teks deskripsi
waktuku.com

Teks deskripsi bisa diperluas menjadi tiga jenis teks, diantara lain ialah spatial, objektif dan subjektif. Berikut dibawah ini jenis-jenis teks deskripsi yang bisa kalian ketahui:

  • SPATIAL, Di dalam teks deskripsi ini sasaran atau objek yang dipaparkan hanya berwujud seperti benda, ruang atau ruangan, tempat dan lain-lain sebagainya.
  • SUBJEKTIF, Ialah teks deskripsi yang ketika penjelasan sasarannya berlandaskan atas kesan-kesan yang dipunyai atau dimiliki oleh penulis paragraf itu.
  • OBJEKTIF, Didalam teks deskripsi ini menjelaskan tentang sasaran atau objek yang dijelaskan dengan apa adanya berlandaskan situasi atau keadaan sasaran yang sebenarnya, sehingga orang-orang yang membaca dapat membayangkan tentang kondisi atau keadaan tanpa adanya tambahan-tambahan opini dari penulis itu sendiri.

Kumpulan Teks Deskripsi dengan Berbagai Macam Pembahasan

teks deskripsi
pixabay.com

Supaya kalian lebih gampang untuk mengerti dan memahami teks deskripsi ini, kalian harus wajib banyak-banyak membaca berbagai macam tema yang didalamnya mengandung teks deskripsi. Maka dari itu, dibawah ini saya sudah menyediakan berbagai macam contoh teks deskripsi yang menggunakan berbagai tema umum yang dipakai oleh para penulis.

Contoh Teks Deskripsi Alam

teks deskripsi
embunhati.com

JALANAN SEJUK

Sebuah pemandangan jalan dan sungai di sekitar daerah Desa Geger Bitung, Sukabumi, Jawa Barat. Pemandangan yang sangat indah terlihat di desa ini dengan adanya satu sungai jernih yang membuat suasana ketika sedang berjalan ditempat itu akan terasa sejuk.

Disebelah kiri ada tebing dan pepohonan yang melindungi jalanan dari panasnya sinar matahari, dan pohon tersebut juga bisa membuat suasana jalanan dan sungai itu terlihat damai dan juga menyegarkan. Seiring berjalannya waktu hari itu semakin siang dan cuaca pun berubah menjadi panas, namun orang-orang yang berjalan melewati jalan itu akan terasa sejuk dan teduh karena adanya pohon dan sungai jernih yang membuat suasana menjadi sejuk.

Ketika itu, orang-orang pun terus berjalan santai sambil menikmati perjalanan yang indah dan sejuknya pemandangan sungai serta pepohonan yang tinggi.

Hari semakin siang, kala itu membuat orang-orang melepas seluruh penatnya dengan sedikit beristirahat di tepi sungai. Pancaran sinar matahari pada siang hari itu memang sangat panas, namun orang-orang yang melalui jalanan itu tidak merasakan kepanasan, melainkan ia merasakan betapa sejuknya ketika melewati jalan tersebut.

Contoh Teks Deskripsi Rumah

teks deskripsi
hhomedesign.com

RUMAH MALIK

Letak rumah Malik ini berada tepat dihadapan rumahku, dimana pada bagian halaman rumah Malik ini ada pohon mangga, jambu, dan belimbing yang membangun keadaan atau suasana menjadi sangat segar. Tanaman-tanaman hias pun menghiasi halaman rumah Malik.

Selain dari itu, pada bagian depan halaman rumah Malik ini terdapat juga tanaman-tanaman atau tumbuh-tumbuhan hias seperti gelombang cinta, bunga mawar, tanaman hias anggrek, dan masih banyak jenis-jenis tanaman hias lainnya yang membuat suasana rumah Malik ini terasa semakin sejuk dan juga indah sekali apabila dipandang oleh kedua bola mata.

Warna dinding rumah Malik ini berwarna abu-abu dan putih dengan pintu dan jelenya juga berwarna abu-abu gelap. Serta warna keramik lantai yang berwarna putih mengkilap membuat rumah Malik ini terasa lebih enak lagi untuk di pandang oleh kedua bola mata kita.

Di bagian dalam rumah Malik juga letak posisi barang-barang yang dimiliki oleh si Malik ini benar-benar sangat diperhatikan sekali, sehingga semua barang-barang yang ada di rumahnya ini tersusun atau tertata sangat rapih sekali, dengan kerapihannya bisa membuat orang-orang yang bertamu kerumahnya ini terasa betah dan tidak mau meninggalkan rumah Malik.

Selain itu, pada bagian belakang rumah Malik ini terdapat juga halaman-halaman yang bisa digunakan untuk botram bareng-bareng, bisa dijadikan juga tempat perkumpulan bersama teman-teman karena pada halaman belakang rumah Malik ini terdapat saung yang biasa dipakai ngumpul dan ngopi bareng sama teman-temannya.

Di bagian atas rumah malik ini terdapat beberapa ruangan, yang mana ruangan tersebut memiliki kegunaannya masing-masing. Ruangan tersebut terdiri dari ruangan Malik untuk melakukan kegiatannya menjadi seorang publisher, ada juga ruangan yang mana ruangan tersebut selalu digunakan beraktivitas seperti main game, main Ps bersama teman-temannya apabila ada teman-temannya yang sedang bermalam di rumahnya.

Bukan hanya itu saja, di bagian atas dan bawah rumah Malik ini terdapat mushola kecil yang biasa digunakan untuk solat berjama’ah bersama teman-teman dan keluarganya.

Contoh Teks Deskripsi Hamster

teks deskripsi
omlet.co.uk

HAMSTER

Hamster ialah salah satu jenis hewan atau binatang pengerat yang bentuk tubuh dan rupanya hampir sama dengan marmut, namun hamster ini mempunyai bentuk tubuh yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan bentuk tubuh marmut.

Binatang yang sangat lucu ini mempunyai tubuh agak sedikit bahenol dengan ukuran pada ekornya agak lebih sedikit pendek dibandingkan dengan marmut. Di bagian telinganya memiliki bulu yang lumayan agak tebal sehingga bulu pada bagian telinga itu hampir menyerupai dengan rambut.

Di bagian kaki hamster ini bentuknya agak sedikit lebar dan juga tidak tinggi alias pendek. Hamster ini mempunyai bulu yang memang terbilang cukup tebal dan lebat bagaikan hutan rimba. Di bagian bulu-bulu hamster ini terdapat warna-warna yang terbilang cukup unik tergantung dari jenis hamsternya, misalkan seperti warna abu-abu, hitam, cokelat, kuning, putih, dan warna-warna hamster lainnya.

Ada berbagai macam jenis hamster yang memang sangat terkenal sekali pada kalangan orang-orang pecinta binatang, diantaranya ialah seperti hamster winter white, hamster dzungaria, hamster cricetulus barabensis, atau juga si kedil bergaris dan masih banyak lagi jenis-jenis hamster lainnya.

Hamster ialah termasuk binatang nokturnal yang mana hamster ini selalu aktif beraktivitas pada malam hari. Akan tetapi ia juga suka aktif beraktivitas pada awal dini hari dan juga sore hari. Selebihnya, hamster ini lebih banyak melakukan aktivitasnya untuk melakukan tidur pada siang hari.

Contoh Teks Deskriprsi Kucing

teks deskripsi
kucingpedia.com

KUCING

Di rumah aku mempunyai dan memelihara kucing yang bernama Vino, warna kucing yang aku rawat di rumah ini ialah berwarna abu-abu pekat dengan bola matanya yang berwarna agak ke kuning dan ke coklat-coklatan. Kucing yang aku pelihara ini mempunyai bentuk tubuh dan ekor panjang dengan bulunya yang sangat halus dan harum.

Vino ialah kucing yang kegemarannya bermain bola dna juga suka sekali memakan ikan asin yang memakai nasi. Vino ialah salah satu peliharaan yang sangat pintar sekali, dia senantiasa menjaga kebersihannya dengan pipis tepat pada tempat yang telah aku sediakan sebelumnya. Itulah kelebihan dari kucing yang aku pelihara di rumah.

Ada suatu ketika seseroang teman datang berkunjung ke rumahku, dan ia melihat kucing (vino) tak lama kemudian dia pun menawar kucingnya kepada ku “Lik, kucing ini mau lu jual nggak?, jawabanku “Sorry bro kalo si vino gak akan gua jual, karena gua udah ngerawat dia dari dia masih kecil sampe segede ini, jadi sorry yoo”. jawabanku.

Bukan hanya temanku saja yang menawar kucing peliharaanku, namun tetangga-tetangga rumah juga ikut serta menawar si vino ini dengan harga yang memang terbilang cukup tinggi, tapi itu semua aku tolak karena si vino ini merupakan salah satu binatang kesayanganku.

Contoh Teks Deskripsi Kelinci

teks deskripsi
qubicle.id

KELINCI

Kelinci adalah termasuk salah satu binatang mamalia yang hampir menyerupai hamster, marmut, dan juga tikus. Binatang ini sangat dikenel dengan kelucuannya dan juga jinak. Kelinci ini mempunyai ukuran telinga yang bisa terbilang sangat panjang apabila dibandingkan dengan marmut dan sejenisnya.

Selain itu, kelinci juga mempunyai kumis yang mana kumisnya itu menjadi salah satu bagian yang bisa terbilang lumayan cukup lucu, dan juga binatang kelinci ini mempunyai kaki yang sangat kuat sehingga bisa untuk melompat-lompat.

Akan tetapi, binatang kelinci ini lebih gampang diidentifikasikan dengan ukuran telinganya yang lumayan cukup panjang. Ukuran telinga dari si kelinci ini bisa mencapai 10 CM. kelinci juga mempunyai telinga yang mana telinga itu bisa dijadikan fungsi untuk memeriksa munculnya predator-predator jahat yang akan menyerang dan memangsanya.

Hewan yang memiliki telinga panjang ini atau biasa juga disebut dengan sebutan kelinci memiliki kemampuan mendengarkan suara para predator-predator dengan kisaran cengkraman dan juga akurasi yang pas dan tepat. Selain itu, telinga kelinci ini juga memiliki fungsi sebagai pelindung dari suhu panas pada bagian tubuhnya, terutama ketika datangnya musim dingin.

Selan itu, kelinci juga mempunyai kaki yang sangat kuat. Kedua kakinya bisa digunakan untuk melompat-lompat dengan jangkauan jarak kurang lebih sekitar satu meter. Lompatan dari kelinci ini merupakan salah satu sinyal atau pertanda bahwa bahaya yang ia sampaikan kepada kelompoknya di alam liar.

Karena binatang pengerat ini sangat lucu dan juga jinak, tidak usah diherankan lagi apabila kelinci ini menjadi salah satu binatang peliharaan yang paling favorit dikalangan orang-orang pecinta hewan peliharaan. Ketika kita menjadikan kelinci ini sebagai binatang peliharaan kita, tentu saja kita harus membuatkan atau menyiapkannya sebuah kandang yang nyaman untuk digunakan kelinci beristirahat.

Tanpa kita pahami dan mengerti seperti apa kehidupan sebenarnya kelinci di habitat aslinya. Apabila di alam liar, kelinci ini hidup dan tinggal di terowongan-terowongan sebagai salah satu tempat tinggalnya. Tempat tersebut lumayan terbilang cukup baik untuk berkembang biak si kelinci dan juga melindungi diri dari serangan-serangan hewan predator.

Kelinci ini tidak hanya menggali satu lubang saja, melainkan ia menggali beberapa lubang dan juga terowongan untuk memberi kemudahan dirinya supaya bisa cepat-cepat bersembunyi dari serangan predator-perdator yang hendak menyerang dan memangsanya.

***

Demikianlah penjelasan mengenai teks deskripsi mudah-mudahan adanya pembahasan dan penjelasan ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan baru untuk kita semua. Sekian dan terimakasih 🙂

 

Tinggalkan komentar