Contoh Teks Prosedur Kompleks | Pengertian, Ciri, Struktur & Kaidah Kebahasan

TEKS PROSEDUR – Ketika seorang manusia ingin membuat atau memasak mie instan, sering kali mereka jumpai dibalik dari bungkus mie instan tersebut ada suatu tulisan yang berisikan dengan bumbu-bum serta petunjuk bagaimana cara membuat mie intsan tersbut. Nah, tulisan petunjuk itulah disebut dengan sebutan teks prosedur.

Teks prosedur kompleks ini bisa didefinisikan sebagai karya tulis yang dibuat untuk memberikan petunjuk informasi tentang tahapan-tahapan atau langkah yang ada kaitannya dengan menuntaskan sebuah pekerjaan yang harus diselesaikan.

Pastinya langkah-langkah atau tahapan informasi yang diberikan kepada umum itu harus jelas dan juga logis, penulisan serta pemilihan kata yang dipakai untuk teks prosedur tersebut seharusnya harus ringkas sehingga akan terasa gampang untuk dipahami dan juga dimengerti oleh para pembaca tulisan itu sendiri.

Sebelum kita membicarakan materi tentang teks prosedur, apa diantara kalian sudah ada yang mengerti dan memahami maksud dari teks prosedur ini? Jikalau memang belum sama sekali mengerti atau belum sama sekali mengetahui seperti apa wujudnya dari contoh teks prosedur ini.

Nah bagi kalian yang belum mengerti tentang pembahasan teks prosedur ini, jangan pernah merasa sedih atau galau. Karena selain dari membahas tentang contoh teks prosedur, kami akan mengulas secara lengkap yang akan diawali dengan pengertian teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur, kaidah kebahasaan dan lain sebagainya.

Untuk lebih rincinya, mari kita langsung saja menyimak sedikit ulasan mengenai pembelajaran teks prosedur. Dengan adanya artikel ini saya sangat berharap sekali kepada kalian untuk menuntaskan membaca artikel ini hingga tuntas, kenapa? Agar kalian semua dapat mengerti ini secara keseluruhan. Berikut dibawah ini beberapa ulasan serta beberapa contoh teks prosedur.

Pengertian Teks Prosedur

teks prosedur
gurupendidikan.com

Teks Prosedur kompleks adalah karya tulis yang diciptakan dengan memakai sistem langkah atau tahapan. Namun teks prosedur ini bisa juga didefinisikan sebagai suatu tulisan yang didalamnya mengulas mengenai tentang tahapan-tahapan membuat, melaksanakan, menyusun, mengeksekusi suatu hal yang mana tujuannya untuk memberikan kemudahan pekerjaan kepada seluruh manusia.

Selain memberikan kemudahan kedalam pekerjaan manusia, teks prosedur ini mempunyai maksud lainnya. Salah satunya adalah, supaya ketika sedang melaksanakan suatu pekerjaan manusia menggunakannya dengan menggunakan cara yang mana cara tersebut sudah ditetapkan sebelumnya.

Dengan adanya alasan seperti diatas, teks prosedur bisa kita definisikan sebagai salah satu karya tulis yang didalamnya sangat dibutuhkan sekali oleh setiap manusia. Karena dengan kita ikut mencontoh langkah-langkah dari sebuah pekerjaan sangat diharapkan sekali bahwa diri kita ini dapat menggapai hasil akhir yang telah diharapkan.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

teks prosedur
WebMateri.com

Sesudah kita selesai membaca dan memahami penjelasan tentang pengertian teks prosedur, pada bagian ini kami akan mengulas secara rinci mengenai struktur teks prosedur. Dengan membangun struktur yang bagus dan rapih pastinya akan memberikan kemudahan untuk orang-orang yang membaca isi dari teks prosedur itu sendiri.

Yakni untuk melihat secara benar susunan-susunan dari seluruh kegiatan atau aktivitas yang sudah seharusnya untuk dikerjakan.

Ya benar, tidak ada urutan-urutan bakunya, akan tetapi kebanyakan dari orang-orang membuat teks kompleks ini menggunakan struktur yang mana struktur tersebut dapat disebutkan hampir sama dengan struktur-struktur lainnya.

Ketika membuat teks prosedur kompleks ini ada beberapa aspek yang seharusnya kita cermati, yakni pada bagian material, tujuan, serta proses akhirnya yang berada didalam bagian langkah-langkah. Untuk penjelasan lebih lengkapnya kalian bisa langsung membaca bagian struktur teks prosedur kompleks yang akan di terangkan dibawah ini.

1) Teks Prosedur Bagian Utama

Didalam bagian awal ini, struktur teks prosedur kerap diisi dengan penjelasan-penjelasan atau keterangan dan juga tujuan dari pelaksanaan kegiatan yang dilakukan. Selain itu, didalam bagian ini juga dapat kita isi seperti judul. Contoh kecilnya seperti “Cara Membuat Nasi Goreng”, “Cara Memasak Mie Instan” dan masih banyak contoh-contoh lainnya.

2) Teks Prosedur Bagian Kedua

Biasanya dibagian kedua ini terdapat sebuah tulisan didalam teks prosedur yang mana tulisan tersebut adalah tentang berbagai macam alat serta bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan ketika sedang melakukan kegiatan yang ingin dikerjakan. Selain itu, diterangkan juga mengenai peristiwa-peristiwa dan jangkauan akhir yang akan dilakukan.

3) Teks Prosedur Bagian Ketiga

Di bagian ketiga atau akhir, struktur teks prosedur ini adalah bagian awal dari teks prosedur kompleks. Bagian ini menjelaskan tentang bagaimana panduan atau tuntunan mengenai tahapan-tahapan yang seharusnya dilakukan ketika sedang melaksanakan suatu kegiatan.

Metode tersebut patut ditata atau disusun secara beruntun dengan memakai gaya bahasa yang jelas dan juga logis untuk mudah dimengerti oleh orang lain yang membacanya.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

teks prosedur
infoguruterbaru.blogspot.com

Sebuah karya tulis seringkali memiliki ciri-ciri tersendiri, salah satu permasalahannya ialah pemakaian tutur bahasa yang dituliskan. Sebaliknya berlaku juga untuk teks prosedur, umumnya teks prosedur ini memakai bahasa atau kata yang didalamnya bersifat perintah.

kalimat-kalimat yang dipakai didalam teks prosedur ini sering membawa kata-kata kerja imperatif, konjungsi, verba material serta partisipan manusia secara keseluruhan. Untuk ulasan lebih lengkap tentang bagian-bagian tersebut kalian bisa langsung membaca serta menyimak tulisan yang ada dibawah ini. Berikut penjelasannya:

1). Kata Kerja Imperatif

Kata kerja Imperatif ialah suatu keta yang didalamnya terdapat kandungan tanda-tanda perintah kepada seseorang untuk melaksanakan sesuatu pekerjaan yang diperintahkan oleh seseorang. Bisa berwujud larangan atau juga berwujud keharusan.

2). Kalimat Konjungsi

Selain dari kata kerja imperatif yang akan kita dapati didalam teks prosedur, didalam teks prosedur ini kita akan kerap mendapati kalimat konjungsi. Kalimat konjungsi sendiri ialah kata penghubung atau kata sambung yang memiliki fungsi untuk menyatukan sebuah kalimat yang ada atau kata.

Adanya kata atau kalimat sambung ini adalah sebagai konsekuensi dari langkah-langkah yang memutuskan waktu dari suatu kegiatan yang ada. Contoh dari kata konjungsi yang ada didalam teks prosedur adalah: Lalu, kemudian, setelah itu serta selanjutnya.

3). Tingkah Laku dan Verba Material

Verba material adalah kata kerja berimbuhan yang membentuk terhadap gerakan fisik ataupun aktivitas-aktivitas yang dilakukan dengan fisik oleh partisipan.

Adapun verba tingkah laku ialah sebuah pekerjaan yang membangun kepada gerakan-gerakan yang dilakukan dengan memakai kata ungkapan

4). Partisipan Manusia

Apabila dipandang secara umum, kita ini hanya cukup dengan meneliti apakah isi dari teks prosedur yang sudah di edit terdapat partisipan manusia? Serta adanya partisipan manusia ini tidak secara khusus.

Tujuan Teks Prosedur

teks prosedur
waktuku.com

Suatu pekerjaan yang dilaksanakan yang mempunyai suatu gapaian yang patut untuk dicapai, entah itu tujuan dari diri sendiri yang dituju untuk dirinya sendiri atau memang tujuan tersebut di tuju untuk orang lain. Begitu juga dengan teks prosedur, teks prosedur adalah karya tulis yang sengaja diciptakan dengan maksud tertentu.

Sebenarnya karya tulis seperti ini tidak mempunyai banyak tujuan yang harus di capai, namun karya tulis seperti ini hanya mempunyai beberapa bagian saja tujuan yang akan dituju olehnya.

Apa saja tujuan dari karya tulis ini?

Diantaranya ialah untuk memberikan sebuah arahan atau petunjuk-petunjuk mengenai suatu pekerjaan yang telah dikutip didalam sebuah

Antaranya untuk memberikan petunjuk atau arahan tentang sebuah pekerjaan yang dituliskan dalam sebuah bidang. Tentunya cara yang disampaikan adalah sebuah cara yang mengikuti prosedur. Agar orang lain dapat melakukan sebuah pekerjaan dengan baik dan benar.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

teks prosedur
maknai.com

Pada bagian ini teks prosedur dibedakan menjadi dua bagian, dan bagian-bagian yang ada didalam karya tulis ini lebih cenderung terhadap tujuan dari isi teks prosedur itu sendiri. Diawali dari perbedaan inilah tujuan-tujuan tersebut yang akan menentukan sendiri struktur yang berada dalam teks prosedur.

Berikut dibawah ini adalah bagian-bagian dari kedua bagian teks prosedur. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Teks Prosedur yang memerlukan material atau bahan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang ada. Umumnya teks ini dipakai untuk menciptakan suatu hal atau mengerjakan suatu pekerjaan yang harus diselesaikan. Misalnya seperti memasak makanan yang akan dijadikan santapan, menanam pohon di depan halaman rumah, mencangkok tanaman, menyiram tumbuh-tumbuhan agar tumbuh subur dan juga mekar dan masih banyak pekerjaan-pekerjaan lainnya.
  • Teks Prosedur yang tidak memerlukan atau membutuhkan bahan atau material ketika mengerjakan suatu pekerjaan yang ada. Mengenai teks seperti ini, pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan benar-benar murni tanpa adanya bantuan-bantuan alat seperti material atau bahan-bahan. Biasanya teks seperti ini dipakai untuk mengerjakan suatu hal atau juga untuk membuat ada kaitannya dengan internet, misalnya seperti email, facebook, twitter, askfm, dan masih banyak sosial-sosial media lainnya.

Contoh Teks Prosedur Sederhana Tentang Cara Membuat Visa

teks prosedur
media.licdn.com

CARA MEMBUAT VISA

Biasanya secara umum yang dimaksud dengan visa ialah tanda bukti izin untuk mendatangi atau berkunjung kedalam sebuah negara atas tujuan utama yakni berwisata atau tujuan kedua untuk melakukan bisnis (kerja sama) dalam kurun waktu yang lumayan cukup lama.

Umumnya visa ini diberikan kepada seseorang oleh negara sendiri yang tujuannya untuk dipakai sebagai tanda bukti ketika sedang berkunjung ke suatu negara yang akan dikunjungi oleh seseorang. Berikut dibawah ini akan ada pembahasan mengenai cara mengurus visa yang patut kalian laksanakan secara prosedur.

  • Mempersiapkan seluruh keperluan-keperluan identitas diri, misalkan seperti Akta kelahiran, KTP, SIM, Ijazah serta identitas-identitas lainnya yang dilengkapi oleh foto copy dari semua identitas-identitas yang akan diserahkan kepada pihak pengurusan visa.
  • Berkunjung ke kantor imigrasi untuk mengisi formulir kosong yang merupakan formulir permohonan untuk membuat visa.
  • Melengkapi dan juga mengisi semua kebutuhan formulir dan selanjutnya ketika telah selesai mengisi dan melengkapi formulir tersebut, maka formulir itu kita serahkan kepada petugas yang berkewajiban.
  • Setelah petugas menerima formulir yang kita serahkan, maka petugas tersebut akan memberikan kepada kita tanda terima dan juga jadwal untuk pengambilan foto yang mana foto tersebut akan diambil dan juga dicantumkan kedalam visa tersebut.
  • Mengikuti pemotretetan atau pengambilan foto sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pihak pengurus visa. Selain dari pengambilan foto, biasanya petugas pembuatan visa tersebut langsung melakukan rekam sidik jari kita.
  • Menunggu pertemuan wawancara kemudian menyiapkan dokumen-dokumen asli untuk diperlihatkan kepada pihak yang bersangkutan dalam proses pembuatan visa.
  • Setelah selesai wawancara maka akan diterangkan tentang proses pembayaran buku visa yang sudah dibuat oleh seseorang dan juga jadwal pengambilan visa.
  • Sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan, maka tugas kalian untuk membayar atau melunasi seluruh persyaratan administrasi, lalu kalian dapat mengambil visa pada jadwal yang sebelumnya telah ditentukan.
  • Biasanya visa selesai dalam kurun waktu kurang lebih dari satu minggu dari waktu pengurusan dilakukan.

Contoh Teks Prosedur Sederhana Tentang Cara Membuat Keripik Balado

teks prosedur
probisnis.com

Keripik singkong balado adalah salah satu cemilan atau makanan ringan yang berasal dari kota Padang. Rasa pada keripik yang pedas itu dapat membuat banyak orang yang menggemarinya, bahkan hampir setiap orang yang pulang dari padang entah itu liburan atau adanya urusan pekerjaan pasti orang tersebut membawa oleh-oleh keripik balado untuk teman, dan keluarganya di rumah.

Kalian yang menyukai makanan-makanan ringan atau cemilan yang pedas dan ingin mengetahui bagamaina cara membuat keripik pedas itu, berikut dibawah ini adalah cara membuat keripik singkong balado yang harus kalian contoh atau tiru cara pembuatannya.

Tahapan Membuat Keripik Singkong Balado

  • Mengiris-ngiris singkong sampai tipis.
  • Mendidihkan singkong tersebut dengan 3 gelas rendaman air dan garam.
  • Masukkanlah singkong tersebut sampai terapung, lalu angkat singkong tersebut dan tiriskan dalam beberapa menit.
  • Menyalakan kompor dan memanaskan minyak goreng yang terdapat didalam wajan, kemudian gorenglah singkong yang akan kita olah sampai benar-benar kering.
  • Setelah selesai menggoreng singkong, panaskan kembali minyak goreng dan tumis cabe, gula, garam dan air asam sambil diaduk-aduk hingga merata.
  • Masukkan singkong yang telah disisihkan tadi, setelah itu lalu diaduknya secara merata.
  • Angkat singkong tersebut dan taruhlah didalam tempat yang kedap dari udara.
  • Dan keripik singkong balado pun siap untuk disantap dan dinikmati.

Bahan Bahan :

  • 500 gram singkong yang sudah dikupas dengan bersih.
  • Setengah sendok teh garam.

Bumbu Bumbu :

  •  3 Sendok makan minyak goreng.
  • 5 buah cabe merah yang telah dihaluskan.
  • Setengah

Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Minyak Kemiri

teks prosedur
minyak-kemiri.com

Minyak kemiri ini dapat kita jumpai di toko-toko kencatikan atau apotek terdekat dengan lokasi tempat kita tinggal. Akan tetapi, jikalau kalian ingin lebih menghemat biaya pengeluaran dan juga ingin lebih mempunyai pengalaman yang banyak, kalian bisa membuat minyak kemiri sendiri di rumah kalian masing-masing.

Lantas bagaimana cara mengaplikasikan resep alami untuk menumbuhkan bulu kumis atau rambut dengan menggunakan bahan kemiri? Pastinya pada tahapan awal kalian harus menyediakan kemiri. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini ada pembahasan tentang cara membuat minyak kemiri tradisional. Silahkan mencoba.

Bahan Bahan dan Cara Pembuatannya :

  • Menyiapkan 5 sampai 10 butir kemiri utuh yang belum di apa apakan, lalu cuci kemiri tersebut hingga bersih dan keringkan.
  • Kalian bisa membakar kemiri tersebut sampai warna dari kemiri tersebut berwarna hitam diatas bara api kecil atau memasukkan kemiri itu kedalam wajan yang telah dipanaskan tanpa menggunakan minyak (sangrai).
  • Sangrai kemiri tersebut sampai berwarna hitam kecoklat-coklatan, kemudian angkat kemiri itu.
  • Siapkan kain serbet atau kain kasa makan dan bungkus kemiri itu hingga rapat-rapat.
  • Tumbuk atau bubukan kemiri tersebut sampai benar-benar hancur sambil di tekan.
  • Pada tahapan itu minyak kemiri bisa langsung diperas dan juga ditaruh didalam sendok (pemerasan minyak kemiri menggunakan kain kasa)
  • Minyak kemiri siap dipakai.

Contoh Teks Prosedur Tentang Cara Membuat Lilin Aroma Terapi

teks prosedur
eramuslim.com

Banyak sekali orang-orang yang meminati lilin aroma terapi, terkhusus untuk orang-orang yang ingin membuat kamar tidurnya terasa harum dan wangi bunga alami yang menenangkan hati dan jiwa. Selain banyak di jual di pasaran, lilin aroma terapi juga dapat dijadikan sebagai ladang bisnis loh.

Berikut dibawah ini cara membuat lilin aroma terapi yang dapat kalian langsung praktekan di rumah.

Bahan yang Dibutuhkan :

  • Gelas bekas yang terbuat dari kaca
  • Kompor dan wajan untuk memanaskan lilin.
  • Menyiapkan aroma terapi alami seperti kayu-kayu manis atau parfum yang harumnya seperti bunga melati
  • Lilin dengan ukurang besar dari segala jenis warna, namun warna putih lebih terlihat natural.

Cara Pembuatannya :

  • Memanaskan lilin diatas wajan dengan menggunakan api kecil serta sisihkan sumbunya.
  • Kalian bisa menambahkan sedikit parfum kepada lilin ketika lilin sedang dipanaskan diatas wajan.
  • Setelah lilin meleleh, masukkan ke dalam gelas bekas dan pasang sumbunya.
  • Tunggu beberapa saat kemudian sampai lilin itu benar-benar mengering, lalu pecahkan gelas secara perlahan-lahan.
  • Setelah lilin tercetak dengan sempurna, panaskan bagian sisi lilin untuk ditempeli dengan kayu manis, kemudian atur kayu manis tersebut hingga habis.
  • Tunggu sampai kering, lalu lilin siap dipakai.

***

Nah, sekian ulasan mengenai pengertian teks prosedur, tujuan, struktur, kaidah kebahasaan teks prosedur, dan dilengkapi dengan beberapa contoh teks prosedur. Mudah-mudahan adanya ulasan seperti ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih Telah Membaca 🙂

Tinggalkan komentar