Bukan Hanya di Jakarta Saja, Temukan Tempat Wisata Kota Tua Lainnya di Solo dan Jogja!

TEMPAT WISATA – Berbisik-bisik mengenai tempat wisata Kota Tua, sering kali kebanyakan dari kita semua yang mengaitkannya dengan wilayah Museum Fatahillah dan sekitarnya, yang mana Museum Fatahillah tersebut memang bisa dikatakan sebagai tempat atau bangunan yang sangat bersejarah.

Namun kalian juga harus mengetahui tempat wisata yang bersejarah di kota-kota lainnya, seperti halnya tempat wisata Kota Tua di daerah Solo dan Yogyakarta, di dua kota tersebut mendapati tempat wisata Kota Tua yang tidak akan kalah menariknya dengan tempat wisata Kota Tua di DKI Jakarta.

Selagi masih ada jatah cuti, tidak ada salahnya jikalau diri kita memulai untuk sedikit melihat jadwal kereta Solo dan Yogyakarta, serta merancang acara bersama teman-teman lainnya untuk berkunjung ke berbagai macam bangunan-bangunan tua di kedua kota besar tersebut.

Tempat Wisata Loji Gandrung

tempat wisata
kekunaan.blogspot.com

Awal mula nama dari bangunan tua unik ini mulai dikenali oleh orang-orang atau masyarakat lainnya seusai dijadikan sebagai rumah dinas Pak Jokowi ketika beliau masih menjabat sebagai Walikota Solo. Tempat bangunan tua tersebut berada dibelakang siluet patung Jendral Gatot Subroto yang tengah berdiri tegak di tengah-tengah air mancur.

Nampak terlihat indah ketika dipandang oleh kedua bola mata kita, pohon-pohon palem serta pintu masuk yang dihiasi oleh tanaman-tanaman hias sampai menutupi lengkungan rangkanya.

Tempat Wisata Benteng Vastenburg

tempat wisata
@inungdjuwari

Keberadaan benteng Vastenburg ini berada di daerah Gladak, Kota Solo, bangunan dari benteng ini memiliki keluasan tanah/lahan seluas 40ribu meter persegi. Ketahuilah bahwa benten Vastenburg ini adalah tempat peninggalan dari para penjajah Belanda yang mana ketika pada zaman itu dipakai untuk mengawasi Keraton Kasultanan.

Arti dari nama Vastenburg ini adalah istana yang disekitarnya dikelilingi oleh tembok yang sangat kuat dan kokoh. Hal ini nampak terlihat dari sekitar bangunan istana yang disekitarnya dikelilingi oleh tembok yang kuat dan kokoh hingga saat ini.

Meskipun bangunan gedung atau istana ini nampak terlihat kurang begitu terawat, akan tetapi masih banyak para pengunjung atau wisata dan wisatawan lainnya yang memanfaatkan bangunan kuno ini sebagai background untuk pengambilan foto yang menarik dan unik.

Tempat Wisata Keraton Kasultanan Surakarta

tempat wisata
https://koransulindo.com

Keraton Solo atau Surakarta ini bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang bersejarah, dan selain itu kalian juga wajib mengunjungi destinasi wisata tersebut, karena ketika kalian berkunjung ke Keraton Surakarta ini bukan hanya sekedar berwisata biasa saja, namun ketika itu kalian akan mendapatkan edukasi mengenai awal mula cerita didirikannya Keraton Surakarta.

Di keraton Surakarta ini selain menyimpan berbagai macam benda-benda khas kerajaan, di sekelilingnya pun terdapat bangunan-bangunan yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Adanya pengaruh dinding-dinding berwarna putih dengan aksen biru yang menyusuri jalanan di wilayah Keraton ini seakan-akan membawamu kembali kepada masa lalu.

Tempat Wisata Benteng Vredeburg

tempat wisata
vredeburg.id

Ketika anda sudah puas berpetualang di Kota Solo, maka tiba waktunya untuk anda melihat jadwal kereta solo jogja yang akan membawamu pergi ke Stasiun Tugu Yogyakarta. Tidak begitu jauh dari setasiun jaraknya terdapat Benteng Vredeburg yang mana benteng tersebut adalah bangunan besar yang didirikan oleh Belanda. Bangunan tertua yang berada di kawasan Malioboro.

Benteng Vredeburg ini berbeda sekali dengan Benteng Vastenburg  yang letak bangunannya terletak di Kota Solo, benteng yang letaknya terletak di selatan Pasar Beringharjo ini nampak terlihat lebih terawat dan keurus.

Ketika anda semua berkunjung ke tempat wisata tersebut, anda akan mendapatkan pelajaran atau edukasi seputar sejarah yang ada didalam museum-nya. Selain dari itu, para wisatawanpun dapat menikmati wisata kuliner yang sangat memukau sekali di Indische Coffee atau selfie di lingkungan tamannya yang asri.

Gedung Agung Yogyakarta

tempat wisata
http://sejarahri.com

Tepat didepan Benteng Vredeburg, disitu terdapat Gedung Agung yang berdiri kokoh sampai saat ini, perlu kalian ketahui bahwa Gedung Agung Yogyakarta ini memiliki usia yang lebih dari satu abad. Dulunya, bangunan gedung yang bergaya Eropa ini merupakan kepemilikan Residen Belanda ke-18, Anthonie Hendriks Smissaert.

Saat ini, gedung mewah ini dipakai untuk berbagai macam acara penting, seperti halnya acara menerima tamu negara sampai digelarnya detik-detik Proklamasi setiap pada tanggal 17 Agustus.

Tempat Wisata Kota Gede Yogyakarta

tempat wisata
petrichorium.wordpress.com

Tidak akan ada ruginya untuk menyimpan jadwal kereta Solo Jogja, apalagi setelah melihat suasana romantisme yang telah ditawarkan oleh Kota Gede. Kota Gede Yogyakarta ini selain terkenal sebagai tempat kerajinan perak di DIY, kawasan ini pun terkenal juga dengan bangunan tua yang mewah dan juga terawat.

Dimulai dari Masjid Agung Kota Gede, Rumah Pesik, Langgar Dhuwur, sampai menysurui gang-gang sempit yang diapit oleh tembok-tembok/dinding tinggi berwarnakan putih.

Dengan informasi tempat wisata yang telah saya jelaskan secara ringkas diatas ini, apakah diantara kalian ada yang tertarik untuk menyusuri keunikan Kota Tua di Solo dan Yogyakarta? Bekali diri kita sendiri dengan perlengkapan yang memang anda butuhkan, dan segera kalian semua untuk melihat Jadwal Kereta dari Solo ke Yogyakarta, setelah itu baru mememulai petualanganmu sekarang juga!

 

 

Tinggalkan komentar