tuntunan sholat tahajud

Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap yang Perlu di Pelajari Sebagai Bekal Hidup di Dunia

TUNTUNAN SHOLAT TAHAJUD – Tuntunan Sholat tahajud ialah salah satu amalan-amalan sunnah yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW, ketika pada zaman kenabian Nabi Muhammad SAW dahulu sholat sunnah tahajud ini amalan-amalan yang paling ditingkatkan.

Dahulu Nabi Muhammad SAW ini sering sekali melakukan amalan-amalan sunnah solat malam, yaitu sholat tahajud. Tidak ada satu malam yang terlewat untuk melakukan amalan sunnah tersebut.

Kita sebagai umat Baginda Rasulullah SAW sudah seharus nya mengikuti amalan-amalan apa yang telah dilakukan oleh beliau, misalkan seperti menjalankan amalan-amalan sholat tahajud dan amalan-amalan sunnah lainnya.

Sangat disayangkan sekali, sedikit dari kita yang sudah melaksanakan amalan-amalan sholat tahajud pada malam hari ini. Setiap orang memiliki berbagai macam-macam alesan.

Ada orang yang memiliki alesan karena tidak tahu bagaimana cara mengerjakannya, ada juga yang mempunyai alesan karena adanya rasa malas. Ya itulah berbagai macam-macam alesan pada umat saat ini.

Inilah alesannya mengapa saya membuat artikel yang membahas tentang sholat tahajud ini, agar orang-orang yang sudah membaca isi dari pada artikel ini maka orang yang sudah membaca itu akan lebih semangat lagi dalan menjalankan amalan-amalan sunnah seperti sholat tahajud ini. Amin ya robbal’alamin.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat artikel tentang tuntunan sholat tahajud yang perlu kamu pelajari untuk bekal untuk kedepannya, mudah-mudahan dengan adanya pembahasan tuntunan sholat tahajud ini bisa membuat diri kita agar lebih semangat lagi dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Pengertian Sholat Tahajud

tuntunan sholat tahajud
ummi-online.com

Pengertian dari sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari yang waktunya itu dimulai dari setelah mengerjakan sholat isya sampai terbitnya sang fajar pada pagi hari dan setelah bangun dari tidur walaupun cuman sebentar.

Hukum dari ibadah Sholat Tahjud ini adalah hukumnya sunnah mu’akkad, apa itu sunnah mu’akkad yaitu sunnah yang sangat disarankan untuk dilaksanakan atau dikerjakan.

Oleh karena itu Baginda Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk senantiasa meluangkan sedikit waktunya pada malam hari untuk mengerjakan salah satu amalan sunnah, yaitu sholat tahajud.

Karena dalam amalan sunnah sholat tahajud ini ada keutamaan-keutamaan dan keistimewaan yang sangat besar sekali, karena itu sangat disayangkan sekali apabila kita meninggalkan amalan sunnah tahajud tersebut.

Terdapat dari beberapa dalil yang mengatakan keutamaan bangun pada malam hari atau bangun pada dua pertiga malam sholat tahajud adalah Surat Al-Muzzammil ayat ke 1 sampai ayat 20. Berikut ini saya akan ambil dari salah satu kutipan surat dari surat Al-muzzamil ayat ke 20 yang artinya:

“Sesungguhnya Tuhanmu Mengetahui Bahwasanya kamu berdiri (Sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertigamalamnya dan demikianpula segolongan dari orang-orang yang bersama kamu.

Dan Allah Menetapkan ukuran malm dan siang dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh balasan nya disisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya.

Dan mohon ampunlah kepada Allah; Sesungguhnya allah maha pengampun lagi maha penyayang

Didalam Surat Al-Muzammil ini menjelaskan tentang bagaimana Allah SWT mengasih kita waktu, yang mana waktu itu kiranya yang paling baik unruk memohon doa kepada Allah SWT. Maha agung Allah, maha besar Allah dengan segala firman-firmannya.

Baginda Nabi Muhammad SAW bersabda dengan demikian:
“Kerjakanlah Sholat malam, kerana sholat malam itu adalah kebiasaan orang-orang yang sholeh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Rabb kalian, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (Dosa) mencegah dosa dan bisa menghindarkan penyakit dari badan (HR.Imam Tirmidji & Ahmad)”

Tata Cara Sholat Tahajud

Tuntunan sholat tahajud
kopi-ireng.com

Langkah-langkah sholat tahajud dapat dikatakan sama dengan gerakan sholat-sholat pada umumnya, dimana sholat tahajud ini harus diawali juga dengan yang namanya takbiratul ihram dan pada akhir-akhir sholat itu di tutup dengan salam.

Pembedaan-pembedaan atau yang menjadi penyebab pembedaan dalam sholat tahajud ini adalah pada langkah-langkah awalnya saja, yaitu ketika sedang mengucapkan niat, perbedaan sholat tahajud dengan sholat-sholat lainnya itu hanya dari segi bacaan niat awalnya saja.

Pada umumnya pengertian atau pemahaman dari shalat tahajud ini adalah sholat yang dilakukan atau kerjakan pada waktu malam hari yang dikerjakan setelah terbangun dari tidur.

Jumlah rakaat yang harus dikerjakan ketika sholat tahajud ini adalah minimal nya 2 rakaat dalam sholatnya, dan banyaknya tak di batasi, mau samper puluhan rakaat atau ratusan rakaat pun tak jadi masalah, asalkan kuat mengerjakannya tak jadi masalah.

Langkah-langkah sholat tahajud yang benar ini adalah diawali dengan membaca niat sholat tahajud yang berbunyi :

Kemudian setelah selesai membaca niat sholat untuk sholat tahajud langsung takbir dan membaca surat Al-fatihah sebagai tanda pembukaan sholat.

Apabila sudah selesai membaca surat Al-fatihah, bacaan selanjutnya bisa disambung dengan surat-surat pendek lainnya, misalkan seperti bacaan surat Al-Ikhlas, Annas, Al-Falaq, atau akan disambungkan dengan bacaan-bacaan yang panjang juga tak jadi masalah.

Tapi ketika sholat tahajud lebih baik membaca surat Annas. Yang berbunyi seperti ini:

Setelah selesai rokaat yang pertama dan selesai membaca surat Al-Fatihah dan Annas, maka dilanjut lagi ke rakaat yang kedua dan diawali dengan membaca surat Al-Fatihah, setelah selesai membaca surat Al-Fatihah maka bacaan selanjutnya pada rakaat kedua ini di anjurkan untuk membaca surat Al-Falaq. Bacaan surat Al-Falaq berbunyi seperti ini:

Alesan kenapa ketika sedang mengerjakan sholat tahajud dianjurkan untukn membaca surat Al-Falaq dan surat Annas?Karena kedua surat yang kita baca itu emang digunakan atau dipakai untuk memohon perlindungan-perlindungan dari godaan setan dan dikasih ketetapan iman oleh Allah SWT. Itulah alasannya mengapa kita dianjurkan untuk membaca kedua surat itu ketika sedang sholat tahajud.

Apabila kita sudah selesai mengerjakan sholat tahajud dan sholat witir, maka langkah selanjutnya kita berdoa kepada Allah SWT dan memohon ampun dan perlindungan dari ALLah SWT.

Namun sebelum kita memohon dan meminta sesuatu kepada Allah SWT, sebaiknya kita berdzikir terlebih dahulu supaya kita bisa merasa lebih dekat lagi dengan Allah SWT

Bacaan-Bacaan dzikir yang dianjurkan ketika sesudah selesai membaca sholat tahajud ini membaca mengucapkan atau melafadhkan istighfar yang mana bunyi dari istighfar tersebut seperti ini:

Bacalah bacaan istighdar tersebut sebanyak-banyaknya semampu kamu, dan bacaan dari istighfar itu setidaknya minimal 100 kali. Setelah selesai membaca istighfar sebanyak-banyak nya atau sebanyak 100 kali, maka disambung dengan bacaan dzikir-dzikir lainnya misalkan seperti membaca tasbih dan sholawat terhadap Rasul sebanyak 33 kali.

Bacalah dzikir-dzikir tersbut secara ikhlas dan dipenuhi rasa kesungguhan dalam membacanya, karena dengan melakukan hal tersebut, kita ini akan merasa tenang dan merasa bahwa diri kita ini bisa lebih dekat lagi kepada Allah SWT sang pencipta seluruh alam semesta ini.

Hayati dan renungkanlah setiap kalimat-kalimat dzikir yang kalian baca atau yang keluar dari lisan kalian sehingga jangan menempu pada jumlah dzikirnya saja, tetapi melebihi dari isinya.

Apabila sudah selesai dengan membaca istighfar dan dzikir-dzikir lainnya, maka selanjutnya kita membaca doa, yang mana doa ini sering digunakan oleh ulama-ulama dan manusia-manusia lainnya, doa tersebut adalah doa sesudah sholat tahajud yang berbunyi seperti ini:

Apabila kita merasa susah untuk menghafal pada waktu yang sangat singkat, kita juga bisa berdoa dengan menggunakan bahasa sendiri, karena Allah SWT ini maha mengetahui apa yang kita ucapkan dengan lisan kita, karena Allah lah yang telah menciptakan diri kita ini.

APabila amalan-amalan sholat tahajud dan bacaan-bacaan doanya sudah selesai, disitulah kita dapat merebahkan tubuh kita pada tempat tidur sambil menunggu waktu subuh tiba. Ketika berbaring jangan sampai tertidur kembali, tetapi lakukanlah amalan-amalan lainya misalkan seperti membaca surat-surat pendek, ayat kursi, atau sambil berdzikir.

Apabila kita takut tertidur kembali, maka kita bisa membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an sambil menunggu tibanya waktu sholat subuh.

Keutamaan Sholat Tahajud

tuntunan sholat tahajud
dakwahsyariah.blogspot.co.id

Setiap ulama sudah sepakat bahwa hukum dari menjalankan sholat tahajud ini ialah sunnah mi’akkadah, yang mana sunnah mu’akkadah ini sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan atau dilaksanakan.

Hal ini berdasarkan dari sebuah hadits yang mana hadits itu membahas tentang sangat pentingnya sholat menjalankan amalan sunnah sholat tahajud.

Akan tetapi kebanyakan dari kita sangat sulit dan berat untuk menjalankan atau melaksanakan ibadah sholat tahajud ini, mungkin saja bisa terjadi karena waktu pelaksanaannya dikerjakan ketika manusia sedang tertidur.

Sebenarnya apabila kamu mengetahui keutamaan keutamaan sholat tahajud ini sangat begitu besar sekali bagi yang menjalankannya dengan ikhlas, sebagaimana yang telah disebutkan didalam bebeara hadist-hadist Nabi Muhammad SAW.

Waktu Sholat Tahajud

tuntunan sholat tahajud
pondokjamil.atturots.or.id

Menghiasi hari malam dengan menjalankan sholat tahajud itu dapat mengantarkan diri kita untuk selalu mendekat kepada sang pencipta, yaitu Allah SWT sang pencipta seluruh alam semesta.

Apabila kita menjalankan amalan sunnah sholat tahajud ini kita akan mendapatkan ragam keuntungan yang cukup luar biasa keuntungan dari mengamalkan sholat sunnah tahajud ini.

Yang mana ketika kita menjalankan ibadah sunnah mu’akkad seperti sholat tahajud ini, tak sedikit pula orang-orang yang telah mencapai keistimewaan yang dia dapatkan ketika dia kerap menjalankan amalan sholat tahajud.

Contoh kecil keutaman sholat tahajud ini seperti akan diberinya sebuah jalan yang terang benderang didalam dunia maupun di akhirat, dan termasuk menjadi golongan orang-orang yang sholeh yang mana orang-orang sholeh ini selalu dibersihkan jiwa mereka dari hal-hal buruk (Jelek).

Selain dibersihkan dari hal-hal buruk, orang yang kerap melaksanakan ibadah sunnah sholat tahajud dengan ikhlas ini akan dijadikan sebagai golongan orang-orang yang selalu mendapatkan rahmat dan dikaruniakan hidayah oleh Allah SWT. dan masih banyak keuntungan-keuntungan yang akan didapatkannya.

Demikianlah Tuntunan Sholat Tahajud yang benar, yang sering digunakan oleh para ulama-ulama, para ustad, dan orang-orang pada umumnya. Dengan adanya pembahasan ini mudah-mudahan kita senantiasa diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk melaksanakan amalan sunnah sholat tahajud secara rutin. Amin

Apabila ada kesalahan kata dalam penyampaiannya karena diri pribadi saya sendiri yang menulis memohon maaf yang sebesar-besarnya, karena manusia ini tak luput dari segala kesalahan.

 

Tinggalkan komentar